Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Ramadhan
  4. /
  5. Ramadhan Beberapa Hari Lagi Persiapkan Amalan Terbaik Kita

   Rubrik : Ramadhan

Ramadhan Beberapa Hari Lagi Persiapkan Amalan Terbaik Kita

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 3329 Kali

Ramadhan Beberapa Hari Lagi Persiapkan Amalan Terbaik Kita
Amalan Bulan Ramadhan

Sahabat ummi, sungguh, Ramadhan tinggal hitungan beberapa hari lagi, mari kita perkuat doa kita kepada Allah, karena sungguh kita tidak pernah tau apakah kita bisa sampai kepada bulan yang Allah muliakan ini. Penulis sendiri menjadi saksi, betapa banyak saudara penulis yang sangat dikenal dekat, Allah ambil, Allah wafatkan hanya selang beberapa hari Ramadhan tiba. Maka sungguh mulianya doa ”Allahumma baarik lanaa fii Rojab wa Sya’ban wa ballignaa Romadhon [Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan perjumpakanlah kami dengan bulan Ramadhan]”. Karena maut atau kematian adalah hak prerogatif Allah, dimana kita tidak pernah tau, kapan detik, menit, jam, hari, bulan tahunnya akan tiba menjemput kita.

Namun, ketika bulan Ramadhan kita ditakdirkan oleh Allah untuk bisa hadir di dalamnya, maka sungguh tidak ada kata lain, selain mengoptimalkan diri, memaksimalkan diri dalam menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Dan yang luar biasa dalam bulan Ramadhan adalah dimana setiap amalan kita akan Allah lipatgandakan pahalanya, lalu Allah juga membuka lebar ampunannya bagi hambanya yang bertaubat dengan taubat nasuha. Lalu apakah kita sudah mempersiapkan diri kita untuk menyambut bulan Ramadhan? Atau malah (naudzubillah) kita merasa berat hati dengan datangnya bulan kemuliaan ini. Bahkan ada kalimat yang sangat masyhur di Indonesia untuk menyambut Ramadhan dengan gembira

مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ

”Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”

Walau kalimat diatas menjadi khilaf diantara para ulama apakah merupakan hadits atau bukan, namun sungguh, sudah selayaknyalah kita menyambut bulan, dimana didalamnya ada malam yang sangat mulia, yakni malam lailatulqadar, dimana keutamaan malam tersebut lebih baik dari seribu (1000) bulan. Sungguh sangat wajar jika kita menunggu dan berharap agar kita disampaikan di bulan Ramadhan.

Adapun persiapan yang harus kita lakukan dalam menyambut bulan ini adalah, fisik yang prima. Karena tanpa fisik yang prima dan kesehatan yang terjaga, sangat mustahil kita bisa melaksanakan berbagai macam ibadah yang Allah akan balas dengan balasan pahala yang berlipat ganda. Mulai dari ibadah shaum atau puasa yang wajib, maka fisik dan kesehatan kita pun harus prima. Adapun amalan lain di bulan Ramadhan yang bisa kita optimalkan adalah :

  1. Tilawah Al Qur'an
  2. Sahur
  3. Bersedekah
  4. Solat Malam atau Solat Tarawih
  5. Umroh
  6. I'tikaf

Untuk melaksanakan rangkaian ibada diatas selain kita mempersiapkan fisik yang prima, kita pun harus mempersiapkan keuangan keluarga kita, dimana sebisa mungkin kita perbanyak untuk bersedekah. Sahabat, semoga Allah sampaikan kita di dalam bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, dan kita mohon agar Allah pun memberikan kesehatan kepada kita agar bisa optimal dalam beribada dan keluangan rezeki kita agar bisa berbagi jauh lebih banyak untuk saudara kita yang membutuhkan, aamiin.

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});