Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Hadits
  4. /
  5. Ternyata Petir Itu Adalah Malaikat Allah

   Rubrik : Hadits

Ternyata Petir Itu Adalah Malaikat Allah

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 51637 Kali

Ternyata Petir Itu Adalah Malaikat Allah
Ternyata Petir Itu Adalah Malaikat Allah

Petir adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar. Tak hanya bisa dijelaskan secara ilmiah, petir juga bisa dijelaskan secara syari’at Islam.

Dalam Islam, petir disebut juga dengan ar-ra'du, ash-showa'iq, dan al-barq. Ash-showa’iq dan al-barq adalah istilah untuk kilatan petir, yaitu cahaya yang muncul beberapa saat sebelum adanya suara petir. Sedangakan ar-ra’du adalah istilah untuk suara petir atau geledek.

Ibnu ‘Abbas radhiallahu ‘anhuma mengisahkan, “Bahwasanya orang-orang Yahudi mendatangi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mereka berkata, “Wahai Abul Qosim (yakni Nabi Muhammad), kabarkan kepada kami apa itu ar-ro’du (petir)?

Maka beliau shallallahu ‘alaihi wasalam menjawab,

مَلَكٌ مِنَ المَلَائِكَةِ مُوَكَّلٌ بِالسَّحَابِ مَعَهُ مَخَارِيقُ مِنْ نَارٍ يَسُوقُ بِهَا السَّحَابَ حَيْثُ شَاءَ اللَّهُ» فَقَالُوا: فَمَا هَذَا الصَّوْتُ الَّذِي نَسْمَعُ؟ قَالَ: «زَجْرَةٌ بِالسَّحَابِ إِذَا زَجَرَهُ حَتَّى يَنْتَهِيَ إِلَى حَيْثُ أُمِرَ» قَالُوا: صَدَقْتَ

“Petir adalah malaikat dari malaikat-malaikat Allah yang ditugasi (mengurus) awan. Bersamanya ada alat (cambuk) dari api untuk menggiring awan ke tempat yang Allah kehendaki.”

Orang Yahudi itu bertanya lagi, “Lalu suara apa yang kita dengar (dari petir) ini?” Beliau menjawab, “Bentakan malaikan ketika menggiring awan, jika ia membentaknya, sampai berhenti ke tempat yang diperintahkan kepadanya.” (HR. Tirmidzi no.3117)

Petir juga dimaknai sebagai bentuk tasbih dari para malaikat penjaga langit. Sebagaimana disebut dalam Al-Qur’an, "Dan guruh bertasbih memuji-Nya (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya." (QS ar-Ra'd:13)

Suara petir yang menggelegar terkadang membuat kita ketakutan, Islam pun mengatur persoalan ini dan menganjurkan kita untuk berdoa ketika mendengar suara petir. Adapun doanya sebagai berikut.

”Subhanalladzi sabbahat lahu”

Yang artinya: Maha suci Allah yang petir bertasbih kepada-Nya.

Selain itu ada juga, “Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihi wal mala-ikatu min khiifatih”

Artinya: Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya).(Cucu Rizka Alifah)

Sumber: rumaysho(dot)com, republika(dot)co(dot)id dan berabgai sumber
Ilustrasi: Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});