Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Duduk Lama Lalu Semutan, Pertanda Apakah Itu

   Rubrik : Kesehatan

Duduk Lama Lalu Semutan, Pertanda Apakah Itu

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 26273 Kali

Duduk Lama Lalu Semutan, Pertanda Apakah Itu
Duduk Lama Lalu Semutan, Pertanda Apakah Itu

Mungkin Sahabat Ummi pernah merasakan kesemutan ketika duduk, bersila, atau ketika kaki tertindih. Kesemutan adalah salah satu istilah yang menjelaskan tentang mati rasa karena tekanan tertentu yang terjadi dalam waktu lama.Kesemutan akan menyebabkan rasa sakit dan tertusuk-tusuk pada bagian kaki atau tangan. Dalam bahasa medis disebut parestesia.

Kesemutan yang berlangsung lama (kronis) dapat menandakan gangguan syaraf yang lebih permanen. Berikut ini dalah kondisi yang perlu diwaspadai jika dirasa kesemutan selalu muncul terus-menerus, kesemutan yang berlangsung lama, tubuh terasa lemas ketika kesemutan tejadi.

1. Diabetes

Diabetes dapat merusak pembuluh darah kecil yang memasok syaraf di jari tangan dan kaki, hal ini dapat menyebabkan kesemutan, nyeri atau mati rasa di tangan dan kaki (neuropati perifer).

2. Syaraf terjepit

Syaraf terjepit menjadi salah satu gangguan khusus yang sering ditandai dengan kesemutan. Pada kondisi syaraf terjepit menyebabkan ada salah satu bagian syaraf yang keluar dari jalur dan menyebabkan tekanan pada bagian syaraf yang lain. Biasanya syaraf terjepit pada bagian punggung menyebabkan kesemutan pada bagian kaki.

3. Malnutrisi

Gejala kaki kesemutan yang disebabkan oleh malnutrisi yaitu kesemutan pada kedua kaki. Yang dimaksud dengan malnutrisi adalah kekurangan vitamin B, terutama B1, B6, dan B12. Solusi mengatasinya yaitu dengan suplementasi vitamin kompleks (B1, B6, dan B12).

4. Penyakit Multiple Sklerosis

Penyakit ini akan menimbulkan kerusakan pada bagian otak dan seluruh tubuh. Penyakit ini juga bisa menjadi kondisi yang sangat serius karena penderita akan mati rasa pada bagian kaki dan tangan yang akan menyebabkan kelumpuhan. Sering kesemutan dalam berbagai intensitas dan sulit untuk membaik bisa menjadi gejala yang harus diperhatikan.

 5. Efek samping obat tertentu

Penyebab kaki kesemutan lainnya yaitu efek samping obat seperti kemoterapi, obat HIV, antibiotik metronidazol atau obat pencegah kejang (antikonvulsan).

6. Stroke

Stroke adalah penyakit yang terjadi karena terhentinya pasokan darah yang terjadi pada otak. Penyakit ini sering ditandai dengan kesemutan pada awal gejala. Penyebab sering kesemutan ini terjadi karena tidak ada darah yang mengalir pada bagian syaraf di bagian kaki dan tangan.

7. Tumor otak

Kesemutan menjadi salah satu gejala awal yang sering terjadi pada penderita tumor otak. Selain kesemutan beberapa gejala lain yang perlu diperhatikan antara lain adalah seperti sakit kepala yang terus menerus, mual, muntah, gangguan mata, mati rasa pada kaki dan tangan serta menyebabkan gangguan keseimbangan, kejang, gangguan pendengaran dan perubahan tingkah laku.

Jika Sahabat Ummi merasakan kesemutan yang berlangsung lama apalagi disertai gejala-gejala seperti di atas, ada baiknya segera periksakan ke dokter.

Kesemutan bisa diminimalisasi dengan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, misalnya rutin berolahraga, menghindari konsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok, pola makan yang sehat, mengobati dan mengontrol penyakit kronis jika ada, seperti diabetes atau gagal ginjal. (Cucu Rizka Alifah)

Sumber: doktersehat(dot)com, alodokter(dot), halosehat(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});