Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Berita Islam Internasional
  4. /
  5. Inilah Negara di Eropa Dengan Pertumbuhan Muslim Tercepat

   Rubrik : Berita Islam Internasional

Inilah Negara di Eropa Dengan Pertumbuhan Muslim Tercepat

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 35979 Kali

Inilah Negara di Eropa Dengan Pertumbuhan Muslim Tercepat
Inilah Negara di Eropa Dengan Pertumbuhan Muslim Tercepat

Sahabat Ummi, semenjak kelahirannya di kota Mekkah, islam yang dibawa oleh Rasulullah tidak berhenti sampai di wilayah Jazirah Arab saja. Perkembangan islam semakin lama semakin tinggi dan meluas hingga ke berbagai pelosok dunia lainnya. Ajaran islam yang meluas hingga berbagai penjuru dunia dan diterima oleh segala kalangan membuktikan bahwa islam adalah agama yang universal.

Tahukah kamu bahwa terdapat negara di Eropa yang mengalami pertumbuhan muslim tercepat? Negara tersebut ialah Inggris. Inggris merupakan salah satu wilayah atau negara yang banyak dibicarakan oleh berbagai kalangan. Perkembangan islam di Inggris cukup menggembirakan dan banyak kisah mualaf bermula dari sana.

Dalam dua dekade terakhir, warga Inggris yang masuk islam hampir dua kali lipat. Hal ini merupakan bentuk perkembangan yang luar biasa di negeri yang juga pada awalnya banyak didominasi oleh agama nasrani dan masyarakat ateisme.

Abad 16 hingga ke abad 18, islam mulai masuk ke Inggris melalui imigran yang berasal dari Yaman, Gujarat, dan Timur Tengah.

Saat Terusan Suez dibuka pada tahun 1869, pendatang muslim banyak berdatangan dan membentuk pemukiman baru di beberapa kota pelabuhan yang ada di London, Liverpool, dan Newcastle. Pemukiman yang didominasi oleh umat muslim tersebut banyak mendirikan masjid-masjid dan melakukan kegiatan sosial baik, di masyarakat maupun universitas yang ada di Inggris. Hingga pada tahun 2017, terdapat 150 masjid yang dibangun di Inggris.

Berdasarkan Badan Sensus Inggris, terdapat 6000 warga Inggris beralih memeluk islam tiap tahun. Kebanyakan perpindahan agama ini dilakukan oleh warga Inggris berjenis kelamin perempuan.

Persentase warga muslim terbanyak berada di Ibu Kota London. Komunitas muslim besar tinggal di London Timur, mencapai 45,6 persen. Sedangkan untuk populasi Muslim terbesar di luar ibukota, letaknya terdapat di Blackburn, Lancashire, dengan 29,1 persen dari jumlah populasi.

Islam yang juga turut berkembang di beberapa universitas Inggris, menjadikan pertukaran nilai-nilai dan budaya di antara mahasiswa inggris turut terjalin. Banyak mahasiswa yang berasal dari Malaysia, Libya, Iran, Turki, Saudi, Palestina, dan lain-lain yang merupakan mahasiswa muslim. Kebanyakan dari mereka juga turut andil dalam dakwah islam di sana.

Proses kebangkitan islam juga dirasakan di Inggris semenjak adanya World Islam Festival yang di mulai pada April hingga Juni tahun 1976. Saat itu panitia berhasil mengumpulkan berbagai barang dan kebudayaan islam dari hampir 30 negara islam yang ditampilkan. Ada juga literatur-literatur yang ada dalam sejarah islam.

Perkembangan islam di Inggris sangat membanggakan dan membuat tentunya islam berkembang di sana hinga ke negara Eropa lainnya. Oleh karena itu, tugas umat muslim dalam mengenalkan islam semakin intens dan luas, dengan wajah islam yang ilmiah, damai, dan moderat.

Sahabat Ummi, demikianlah Inggris sebagai negara yang mengalami pertumbuhan muslim tercepat di Eropa. Semoga pertumbuhan ini tidak hanya terjadi di negara Inggris, melainkan di negara-negara lainnya. (Dina Nazhifah)

Sumber: dalamislam(dot)com dan berbagai sumber

Ilustrasi: Google


Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});