Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Finance
  4. /
  5. Lebih Efisien Mana, Beli Rumah Jadi atau Membangun Rumah?

   Rubrik : Finance

Lebih Efisien Mana, Beli Rumah Jadi atau Membangun Rumah?

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 13505 Kali

Lebih Efisien Mana, Beli Rumah Jadi atau Membangun Rumah?
Lebih Efisien Mana, Beli Rumah Jadi atau Membangun Rumah?

Sahabat Ummi mungkin sering menemukan brosur, spanduk atau baliho yang mengiklankan promosi suatu perumahan. Tapi, sampai saat ini, iklan-iklan perumahan tersebut tidak dapat sepenuhnya mengajak masyarakat untuk membeli rumah. Masih ada masyarakat yang ingin membangun rumah dengan alasan bisa membuat desain dan interior sesuai rumah impian. Tapi, untuk keluarga baru biasanya lebih suka membeli rumah jadi karena tidak mau repot.

Lalu, lebih efisien manakah sebenarnya, membeli rumah yang sudah jadi atau membangun rumah?

Coba simak pembahasan berikut ya.

Biaya

Pertimbangan pertama yang harus dilakukan ialah membandingkan biaya. Secara umum, membeli kaveling tanah tentunya lebih murah dibandingkan membeli tanah (jika berada di daerah yang sama). Akan tetapi, Sahabat Ummi perlu mengkalkulasi terlebih dahulu biaya pembangunan rumah yang akan dilakukan nantinya, karena membangun rumah sendiri belum tentu lebih murah dibandingkan membeli rumah yang sudah jadi. Apalagi, jika berada di daerah perkotaan di mana harga bahan bangunan dan pekerja bangunan sangat tinggi, sehingga biaya pembangunan rumah pun dapat meningkat beberapa kali lipat.

Bangunan

Ketika memutuskan untuk membeli rumah yang sudah jadi, rumah tesebut tentunya sudah siap pakai. Hal ini bisa menghemat waktumu karena tak perlu lagi mencari lokasi tanah yang cocok untuk pembangunan. Sedangkan, jika kamu memilih membangun rumah, berarti kamu harus sudah siap untuk membangun rumah tersebut dari nol. Luangkan waktumu untuk memilih lokasi, mengurus proses perijinan, menghubungi kontraktor, mencari tukang bangunan, mengurus infrastruktur, dan lain-lain.

Desain

Salah satu kepuasan membangun rumah daripada membeli rumah ialah desain rumah bisa sesuai keinginan. Sahabat Ummi bisa leluasa mencari tanah sesuai keinginan dan menentukan desain rumah sendiri. Sedangkan, jika kamu membeli rumah yang sudah jadi, desain rumah tersebut sudah ditentukan oleh pihak pengembang atau pemilik sebelumnya, karena rumah sudah berdiri dan siap pakai.

Legalitas

Bagi Sahabat Ummi yang membeli rumah jadi, tentunya kamu tidak perlu meluangkan waktu untuk mengurus berbagai dokumen yang dibutuhkan untuk rumah. Sedangkan, bagi kamu yang membangun rumah, tentunya harus mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Penunjukkan dan Penggunaan Tanah (SIPPT) sebelum membangun rumah.

Kenyamanan

Jika membeli rumah jadi, kamu akan mendapatkan lingkungan dan fasilitas penunjang yang terjamin, mulai dari segi keamanan, kenyamanan hingga kepraktisan. Sedangkan, jika membangun rumah, kamu tentu harus mencari sendiri lokasi rumah yang aman, nyaman, dan strategis. Untuk fasilitas penunjangnya pun kamu juga harus menyiapkan sendiri.

Pada dasarnya kedua hal ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika dilihat dari segi efisien, tentunya membeli rumah jadi lebih efisien dibanding membangun rumah. Tetapi, semuanya kembali ke diri sendiri. Jika saat ini kamu memiliki waktu luang dan dana lebih, membangun rumah bisa menjadi pilihan. Tapi, jika kamu sedang memiliki dana yang cukup dan termasuk orang yang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengurus proses pembangunan rumah, lebih baik kamu membeli rumah yang sudah jadi. (Dina Nazhifah)

Sumber: kompasiana(dot)com dan berbagai sumber

Ilustrasi: Google

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});