Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Yuk Belajar Mengenal Titik Dalam Bekam

   Rubrik : Kesehatan

Yuk Belajar Mengenal Titik Dalam Bekam

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 961 Kali

Yuk Belajar Mengenal Titik Dalam Bekam
Yuk Belajar Mengenal Titik Dalam Bekam

 Sahabat Ummi, tentu sudah tidak asing mendengar pengobatan bekam bukan? Pengobatan ini dipercaya dapat mengeluarkan racun maupun zat berbahaya serta dapat membantu penyembuahan sebuah penyakit. Bekam juga dipercaya dapat mengurangi rasa sakit serta proses peradangan di seluruh tubuh sehingga membuat tubuh dan pikiran rileks. Pada proses pengobatan bekam memiliki tempat di beberapa titik tubuh manusia. Apa saja titik dalam pengobatan bekam? Mari Sahabat Ummi simak ulasan berikut:

  1. Titik tengah kepala

Sahabat Ummi, pada titik ini pengobatan di lakukan tepat di tengah kepala atau ubun-ubun kepala. Titik yang juga dikenal dengan nama Ummu Mughits ini berfungsi untuk mengatasi penyakit stroke, hipertensi, vertigo dan migran. Rambut yang berada di kepala perlu dicukur terlebih dauhulu untuk melakukan bekam pada titik ini.

  1. Titik belakang kepala bagian bawah

Pada titik bekam yang juga dikenal dengan nama Qumah Duwah ini, berada di belakang kepala bagian bawah, di sekitar tonjolan tulang belakang. Titik bekam ini memiliki manfaat untuk mengobati penyakit berat maupun ringan, seperti pandangan yang kabur, sakit kepala, vertigo, sakit bahu, sakit tenggorokan atau radang tenggorokan.

  1. Titik yang berada pada dua urat di samping kiri dan kanan leher

Pada lokasi titik bekam ini, terkadang posisi urat pada titik ini tersembunyi sehingga sulit ditemukan. Titik yang juga bernama Al-Akhda’in ini merupakan pusat dari kegiatan serta perjalanan usus besar dan usus kecil. Perlu diketahui pada titik bekam Al Akhda’in memiliki fungsi mencegah sakit kepala, wajah, telinga, hidung, dan kerongkongan.

  1. Titik Al Khaahil

Titik ini berada di bagian punuk atau di ujung atas tulang belakang yang terdapat diantara dua bahu kanan dan kiri. Pada titik ini bermanfaat bagi masalah penyakit di sekitar kepala dan syaraf.

  1. Titik punggung

Titik punggung ini merupakan titik yang paling sering di bekam. Lokasi bekam di punggung ini tepatnya berada di punggung kiri dan punggung kanan. Titik punggung ini berfungsi mengobati berbagai penyakit yakni gangguan saluran pernapasan, gangguan asma, paru-paru, dan bronkhitis.

  1. Titik belikat kiri dan kanan

pada titik ini berfungsi mengobati berbagai penyakit mulai dari ringan hingga berat, seperti gangguan jantung, paru-paru, saluran pernapasan, dan masuk angin. Perlu diketahui pula bahwa titik ini salah satu titik yang mampu mengobati penyakit stroke.

  1. Titik pinggang

Pada titik ini lokasi tepatnya berada di pinggang kanan dan kiri yang sejajar dengan pusar. Lokasi titik ini berfungsi untuk mengatasi penyakit seperti, masalah pada ginjal, sulit buang air kecil, masalah usus, pankreas, organ reproduksi, haid tidak lancar dan memperlancar peredaran darah ke bagian bawah tubuh.

  1. Titik betis kaki

Lokasi titik ini berada tepat pada betis kaki sebelah kanan dan kiri. Manfaat dari bekam pada titik ini yaitu, mengobati masalah kandung kemih dan saluran buang air kecil, serta mengatasi asam urat. Selain itu, mengatasi sakit pada betis karena kelelahan dan memperlancar peredaran darah pada kaki.

  1. Titik pinggul

Titik ini memiliki fungsi untuk menghilangkan rasa nyeri akibat jatuh. Walaupun titik ini tidak dapat mengobati penyakit akibat racun, tetapi pada titik ini sangat penting untuk mengobati penyakit dari luar atau benturan.

  1. Titik pangkal paha

Lokasi titik bekam ini terletak berada pada pangkal paha yang memiliki fungsi menyembuhkan kaki yang lemas atau memar akibat terjatuh atau dipukul. Selain itu, titik ini juga dapat meringankan rasa nyeri yang terjadi ketika terbentur benda keras pada bagian paha.

 

Nah itu dia titik pengobatan bekam yang perlu Sahabat Ummi ketahui. Semga bermanfaat. (Fikriah NurJannah)

 

Sumber : Ceksehat(dot)com, apelgreen(dot)com, refleksi(dot)id
Ilustrasi: google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});