Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Kenali Gejala Kanker Darah

   Rubrik : Kesehatan

Kenali Gejala Kanker Darah

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 2570 Kali

Kenali Gejala Kanker Darah
Kenali Gejala Kanker Darah

Sahabat Ummi, kanker darah atau yang biasa dikenal dengan nama leukemia merupakan penyakit yang banyak diidap oleh remaja berusia muda dan bahkan anak-anak. Leukemia merupakan kanker yang menyerang sel-sel darah putih. Perlu diketahui bahwa penyakit kanker darah atau leukemia ini merupakan salah satu penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai. Oleh karena itu, kita perlu mengenal gejala-gejala kanker darah untuk menghindarinya guna melakukan pencegahan dini.

Berikut gejala kanker darah yang perlu diwaspadai :

1. Tubuh yang lemas atau kelelahan berkelanjutan

Gejala pertama yang timbul menandai terjadinya gejala kanker darah yaitu, tubuh yang terasa lemas dan kelelahan yang berkelanjutan. Hal ini terjadi karena darah yang merupakan komponen paling banyak dalam tubuh ketika terjangkit penyakit ini akan menglami kelelahan yang luar biasa serta mengalami tubuh yang terasa lemas.

2. Sering merasa demam atau menggigil

Selanjutnya, sering merasa demam. Seseorang yang terjangkit penyakit ini akan sering mengalami demam. Demam yang dialami dapat berlangsung selama beberapa hari dengan kenaikan suhu yang mencapai lebih dari 38 derajat celsius. Sementara, untuk menggigil yang sering terjadi biasa juga diikuti oleh demam yang dialaminya. Tetapi Sahabat Ummi, perlu diperhatikan bahwa demam dan mengigil yang sering terjadi ini tidak bisa dijadikan acuan seseorang menderita penyakit kanker darah. Oleh karena itu, perlu juga untuk melihat gejala-gejala lainnya.

3. Sering merasa sakit kepala

Seperti halnya gejala pada penyakit lain, gejala penyakit kanker darah juga diikuti oleh sakit kepala yang terjad, baik sebentar ataupun berkelanjutan.

4. Keringat yang berlebihan terutama pada malam hari

Gejala selanjutnya yakni seringnya mengalami keringat berlebih pada bagian-bagian tertentu di tubuhnya. Keringat yang timbul ini akan semakin bertambah pada malam hari.

5. Seringnya berdarah dan memar

Gejala kanker darah yang dapat dialami seseorang selanjutnya yakni seringnya mengalami pendarahan dan memar pada bagian tubuh tertentu. Hal tersbeut diakibatkan karena kekurangan trombosit pada tubuh. Selain itu, tak jarang pula muncul bintik-bintik merah bahkan ada pula keunguan yang disebut petechiae akibat adanya perdarahan minor di dalam kulit.

6. Rentan terkena infeksi

Kanker darah yang menyerang sel darah putih sehingga menyebabkan darah putih tersebut mengalami abnormal, akibatnya berbagai kuman yang menyerang tubuh tidak dapat dilawan oleh sel darah putih. Sehingga tubuh mudah terserang infeksi dan sering mengalami demam.

7. Nyeri yang terasa pada sendi dan tulang

Sahabat Ummi, perlu diketahui seseorang yang mengalami kanker darah biasanya sering mengalami nyeri pada bagian persendiannya atau pada bagian tulang belakang. Nyeri luar biasa yang dialaminya ini juga dapat memicu demam tinggi.

8. Anemia, mimisan, peradangan gusi, dan gejala lainnya.

Anemia yang dialami penderita kanker darah disebabkan karena kurangnya sel darah merah sehingga penderita mengalami sesak napas, warna kulit pucat, lemah, letih, dan lesu. Selain itu, seseorang yang menderita kanker darah juga dapat mengalami mimisan, peradangan gusi, hingga menurunnya nafsu makan serta penurunan berat badan yang dialami secara drastis. (Fikriah NurJannah)

 

Sumber : hellosehat(dot)com, alodokter(dot)com dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});