Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Traveling
  4. /
  5. Lagi di Yogya? Jangan Lupa Mampir ke Sate Klatak dan Kopi Joss

   Rubrik : Traveling

Lagi di Yogya? Jangan Lupa Mampir ke Sate Klatak dan Kopi Joss

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 602 Kali

Lagi di Yogya? Jangan Lupa Mampir ke Sate Klatak dan Kopi Joss
Lagi di Yogya? Jangan Lupa Mampir ke Sate Klatak dan Kopi Joss

Sahabat Ummi, Indonesia merupakan Negara kepulauan yang banyak memiliki destinasi wisata. Hampir setiap kota di pulau Indonesia memiliki destinasi wisata yang menarik baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata yang paling sering dikunjungi. Bukan hanya terkenal dengan tempat-tempat wisatanya, tetapi juga dengan wisata kulinernya.

Kuliner yang hangat diperbincangkan wisatawan dan tidak boleh ketinggalan untuk dicicipi adalah sate klatak. Sate yang namanya cukup unik ini, memiliki sedikit perbedaan pada sate umumnya. Jika sate yang biasa dimakan Sahabat Ummi ditusuk menggunakan tusukan sate dari bambu, tetapi untuk sate klatak ditusuk menggunakan jeruji sepeda.

Bukan hanya itu, bumbu yang digunakan pada sate klatak ini juga mempunayi ciri khas tersendiri. Sate pada umumnya adalah bumbu kacang, maka bumbu yang digunakan pada sate klatak hanya menggunakan sedikit garam dan merica. Meski bumbu yang digunakan terbilang sederhana, tetapi rasanya tetap nikmat dan menggugah selera.

Ada sedikit cerita nih soal asal usul pemberian nama sate klatak itu sendiri. Menurut sebuah cerita penamaan sate klatak berasal dari bunyi daging yang sedang dibakar, karena daging yang dibumbui garam sebelum dibakar maka saat dibakar akan mengeluarkan bunyi yang unik, yakni kemretek/kletek.

Selain memiliki bumbu tersendiri, daging yang digunakan untuk sate klatak ini juga tidak sembarangan. Daging kambing yang dipilih untuk membuat sate klatak ini menggunakan daging kambing yang berumur muda sehingga menciptakan daging yang empuk dan tidak alot. Sate klatak ini paling nikmat disantap dengan kuah gulai dan nasi hangat.

Bukan hanya kuliner makanan yang khas, ada pula minuman yang tidak kalah unik dari sate klatak, yakni kopi joss. Jika berjalan ke utara dari arah Malioboro atau Stasiun Tugu sampai menemukan jalan kecil ke arah barat, kemudian berbelok. Maka di sana akan menemukan Angkringan Lik Man yang berada di sebelah kiri jalan. Nah di angkringan itulah Sahabat Ummi dapat menemukan minuman khas kopi joss ini.

Kopi yang menjadi minuman khas kota Yogyakarta ini bukan sembarang kopi. Kopi joss dibuat dari gula serta bubuk kopi terbaik yang diolah dan diproses secara tradisional sehingga aroma dan cita rasanya dipercaya tetap terjaga. Kopi joss diseduh dengan air mendidih yang dimasak dengan menggunakan ceret diatas tungku arang, dan dicelupkan dengan arang panas. Saat arang panas yang dicelupkan ke dalam racikan kopi, maka akan terdengar suara joss. Arang panas yang dicelupkan ke dalam racikan kopi tersebut menciptakan rasa dan aroma kopi yang khas dan lebih nikmat. Dicelupkannya arang panas ke dalam kopi bukan hanya demi keunikan semata, tetapi juga berfungsi untuk mengikat atau mengurangi kadar kafein dalam kopi. (Fikriah NurJannah)

Sumber : manfaat(dot)co(dot)id, seputarjogjakarta(dot)com dan berbagai sumber

Ilustrasi: Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});