Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Parenting
  4. /
  5. Liburan, Saatnya Memasak Bersama Buah Hati Yuk

   Rubrik : Parenting

Liburan, Saatnya Memasak Bersama Buah Hati Yuk

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 480 Kali

Liburan, Saatnya Memasak Bersama Buah Hati Yuk
Liburan, Saatnya Memasak Bersama Buah Hati Yuk

Sahabat Ummi, liburan telah tiba dan saatnya untuk menghabiskan waktu bersama sang buah hati. Jika masih bingung akan melakukan kegiatan apa untuk mengisi waktu liburan bersama anak, coba melakukan hal sederhana ini yuk Bund, memasak. Meskipun terbilang sederhana tetapi kegiatan yang satu ini memiliki manfaat loh. Apa saja manfaat yang didapat dari aktivitas simple ini? Berikut manfaat yang didapat dari memasak bersama anak.

1. Mempelajari wawasan yang luas kepada sang anak

Aktivitas sederhana ini dapat memberikan pengatahuan kepada sang anak mengenai makanan yang bergizi serta kandungan vitamin dan zat yang dimiliki oleh bahan makanan tersebut. Selain itu, sang anak juga dapat belajar membaca dengan lancar, seperti membaca resep makanan, belajar menghitung dengan menghitung takaran dalam resep makanan serta bahan-bahan lainnya. Selanjutnya, kita juga dapat mengajarkan tentang keamanan di dapur kepada sang anak.

2. Menstimulasi panca indra

Bahan-bahan makanan yang digunakan untuk memasak seperti, sayur-sayuran yang memiliki warna berbeda dapat menstimulasi panca indra penglihatan sang anak. Saat membersihkan sayuran tersebut atau bahan makanan lainnya indra peraba anak juga dapat terstimulasi dengan dapat membedakan tekstur yang dimiliki sayuran atau bahan makanan lainnya. Bukan hanya itu, indra penciuman dan perasanya juga terstimulasi saat mencium aroma makanan yang telah matang dan kemudian mencicipinya untuk menguji kepekaan indra perasanya.

3. Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Aktivitas memasak juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada sang anak loh. Mengapa demikian? Karena saat memasak sang anak akan mengeksplor bahan-bahan yang diinginkannya untuk dimasak dan disajikan sesuai dengan kemauannya. kita juga dapat memberikan kepercayaan kepada sang anak dengan meminta bantuan kepadanya saat memasak serta memberikan nama masakan yang diinginkan sang anak. Sehingga hal-hal tersebut dapat membentuk kepercayaan diri sang anak.

4. Mendorong dan membentuk pola makan sehat

Saat memasak Sahabat Ummi dapat memberikan pengetahuan mengenai bahan makanan sehat yang digunakan dan membujuknya dengan menceritakan hal yang menarik mengenai kandungan bahan makanan tersebut. Sehingga sang anak tertarik untuk mengonsumsi makanan sehat tersebut yang nantinya akan membentuk pola makan sehat bagi sang anak.

5. Melatih konsentrasi dan daya ingat sang anak

Saat memasak sang anak juga dapat melatih kemampuan konsentrasinya. Apakah sang anak dapat menyimak dengan baik permintaan tolong yang disampaikan oleh orang tua saat memasak dan apakah sang anak mampu mengerjakan tugasnya tanpa gangguan hal lainnya. Selain itu, sang anak juga dapat melatih kemampuannya dalam mengingat berbagai hal, khususnya resep masakan serta tahapan-tahapan yang telah disampaikan oleh orang tua.

6. Momen kedekatan dengan sang anak

Melakukan kegiatan memasak merupakan sebuah kesempatan yang dapat dilakukan untuk memberikan momen kedekatan dengan sang anak. Bukan hanya momen menyenangkan dan kedekatan yang tercipta, tetapi rasa kehangatan yang menumbuhkan ikatan antara ibu dan anak. Sang anak bukan hanya senang tetapi juga merasakan bentuk kasih sayang yang diberikan oleh orang tuanya. (Fikriah NurJannah)

Sumber : parenting(dot)co(dot)id dan berbagai sumber

Ilustrasi: Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});