Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Finance
  4. /
  5. Inilah Waktu yang Tepat untuk Merenovasi Rumah

   Rubrik : Finance

Inilah Waktu yang Tepat untuk Merenovasi Rumah

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 925 Kali

Inilah Waktu yang Tepat untuk Merenovasi Rumah
Inilah Waktu yang Tepat untuk Merenovasi Rumah

Sahabat Ummi, merenovasi rumah merupakan salah satu upaya perawatan rumah agar terasa nyaman saat ditempati dan mendapatkan suasana yang berbeda. Renovasi rumah yang dilakukan dapat berupa renovasi skala kecil maupun renovasi skala besar. Meski begitu, baik renovasi rumah skala kecil maupun besar, keduanya diperlukan pertimbangan dan waktu yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal dan memuaskan.

Berikut, inilah waktu yang tepat untuk merenovasi rumah :       

1. Saat muncul tanda-tanda kerusakan

Terkadang seseorang melakukan renovasi rumah ketika bangunan rumah mereka telah mengalami kerusakan yang parah, seperti genting atau plafon yang berlubang. Padahal biasanya kerusakan besar yang terjadi itu sebelumnya telah memberikan tanda-tanda kerusakan kecil terlebih dahulu. Oleh karena itu, sangat penting memerhatikan tanda-tanda kerusakan kecil pada bangunan rumah agar dapat melakukan pencegahan kerusakan sedini mungkin. Hal ini bermanfaat untuk menghindari kerusakan yang lebih besar dan menguras kantong.

2. Saat siap mempunyai keuangan yang cukup

Saat akan melakukan renovasi, penting bagi Sahabat Ummi untuk memerhatikan kondisi keuangan. Perencanaan keuangan atau budget renovasi rumah sangat diperlukan demi terkontrolnya kondisi keuangan. Selain itu, penting pula untuk mengetahui biaya yang dibutuhkan secara pasti sehingga sesuai dengan budget yang telah disediakan. Disarankan untuk menambahkan sekitar 15%-20% dari budget yang disediakan untuk berjaga-jaga jika ada pengeluaran tak terduga atau yang lainnya.

3. Saat perubahan musim

Perihal musim ini juga sangat penting. Renovasi rumah dapat dilakukan ketika musim kemarau yang juga disertai gerimis atau hujan. Hal ini dipercaya dapat membuat bangunan akan menjadi berkualitas. Ketika musim hujan, dapat menguji kondisi genteng apakah bocor atau tidak. Sementara saat musim panas yang ekstrem, biasanya juga akan muncul retakan pada dinding dan lantai bangunan, sehingga kita bisa mengantisipasinya selagi masih dalam proses renovasi.

4. Saat ada ruangan yang kosong

Renovasi rumah juga dapat dilakukan saat terdapat ruangan yang kosong dan tidak terpakai. Ruangan kosong ini dapat dialihfungsikan menjadi ruangan lain yang lebih berguna. Daripada ruangan tersebut malah menjadi sarang debu dan penyakit atau makhluk lain.

5. Saat ingin menjual atau membeli rumah

Perbaikan atau renovasi rumah yang dilakukan saat baru membeli rumah dilakukan agar dapat menyesuaikan ruangan yang ada di rumah tersebut sesuai dengan selera. Sementara itu, saat ingin menjual rumah, Sahabat Ummi juga perlu melakukan renovasi agar calon pembeli merasa tertarik, puas dan tidak kecewa terhadap kondisi serta penampilan rumah tersebut. Memperbaiki rumah saat ingin menjulnya juga dapat meningkatkan nilai estetis dan nilai jual rumah tersebut. (Fikriah NurJannah)

 

Sumber : rumahku(dot)com/ dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});