Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Tumbuh Kembang
  4. /
  5. Gizi Terbaik Anak Berawal Dari Rumah

   Rubrik : Tumbuh Kembang

Gizi Terbaik Anak Berawal Dari Rumah

  Ditulis Oleh dee_arif Dibaca 1532 Kali

Gizi Terbaik Anak Berawal Dari Rumah
Gizi Terbaik Anak Berawal Dari Rumah


Setiap tanggal 25 Januari diperingati sebagai Hari Gizi Nasional. Penetapan Hari Gizi Nasional ini dipelopori oleh Bapak Gizi Indonesia, Prof. Purwo Soedarmo. Peringatan Hari Gizi Nasional pertama kali dilakukan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960.

Penetapan Hari Gizi Nasional bertujuan untuk meningkatkan angka kecukupan gizi masyarakat Indonesia. Lalu bagaimana kondisi gizi masyarakat Indonesia saat ini?. Pemantauan Status Gizi (PSG) Indonesia pada tahun 2016 menunjukkan prosentase balita kurus di Indonesia sebesar 11,1 %. Angka tersebut mengindikasikan bahwa Indonesia termasuk Negara dengan kategori gizi akut ( > 5 %).

Oleh karena itu perlu dilakukan upaya optimal untuk meningkatkan status gizi. Perbaikan gizi dimulai dari rumah. Mengapa? Rumah adalah tempat pertama bagi individu dalam memperoleh makanan. Rumah sebagai penyedia gizi terbaik bagi individu.

Pemberian gizi terbaik dimulai dengan pemberian Air Susu Ibu (ASI) saat bayi lahir. Cukup berikan ASI saja hingga usia 6 bulan. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. ASI adalah larutan kompleks yang mengandung gizi lengkap. Dalam ASI terdapat karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu ASI juga memiliki kandungan zat aktif lain yang berguna bagi kekebalan tubuh.

Zat aktif dalam ASI yang bekerja untuk kekebalan tubuh terdiri dari komponen protein (laktabumin, laktoglobulin, kasein, enzim, faktor pertumbuhan, hormone laktoferin, lisozim, slgA dan immunoglobulin lain), nitrogen non protein  (amino nitrogen, keratin, kreatinin, glukosamin, asam nukleat, nukleotida, polamin, urea, asam urat), karbohidrat (laktosa, oligosakarida, glikopeptida, faktor bifidus), lemak, vitamin larut dalam lemak (A,D,E,K), vitamin larut dalam air, mineral, ion dan sel. Dengan demikian bayi yang mendapatkan ASI akan memiliki kekebalan terhadap berbagai penyakit, misalnya radang paru-paru, diare, radang telinga dan mengurangi risiko alergi.

Setelah bayi memasuki usia 6 bulan, kebutuhan nutrisinya tidak lagi terpenuhi hanya dari ASI. Bayi perlu diberi makanan pendamping ASI (MPASI). Menurut WHO, MPASI adalah makanan atau minuman selain ASI yang mengandung nutrient yang diberikan kepada bayi selama periode pemberian makanan peralihan yaitu pada saat makanan/minuman lain diberikan bersama pemberian ASI.

Pemberian MPASI harus memenuhi empat syarat, seperti yang ditetapkan oleh GSIYCF (Global Strategy for Infant and Young Child Feeding). Pertama, Tepat Waktu : MPASI mulai diberikan saat kebutuhan energy dan nutrient melebihi yang di dapat dari ASI. Biasanya dimulai ketika bayi berusia 6 bulan. Kedua, Adekuat : MPASI harus mengandung cukup energy, protein dan mikronutrein. Berikan MPASI dengan gizi seimbang. Gunakan bahan pangan lokal yang mudah di dapat. Ketiga Aman : penyimpanan, penyiapan dan penyajian MPASI harus higienis. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum mengolah bahan MPASI. Cuci bersih semua bahan dan masak secara optimal. Keempat,  Tepat Cara Pemberian : MPASI diberikan sejalan dengan tanda lapar dan nafsu makan yang ditunjukkan bayi serta frekuensi dan cara pemberiannya sesuai dengan usia bayi.

Dengan pemberian ASI dan MPASI yang optimal maka pada akhirnya pemenuhan gizi anak dapat tercukupi. Rumah sebagai tempat pertama dan utama bagi pemenuhan gizi terbaik anak. Selamat Hari Gizi Nasional. Gizi Terbaik Anak Berawal Dari Rumah.

 

 

 

 

 

Dian Kusumawardani, S.Sos

 

Pengurus AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) Jawa Timur

 

Divisi Edukasi dan Pelatihan

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});