Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Dapur Ummi
  4. /
  5. 9 Fakta Unik tentang Kopi

   Rubrik : Dapur Ummi

9 Fakta Unik tentang Kopi

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 3913 Kali

9 Fakta Unik tentang Kopi
9 Fakta Unik tentang Kopi

Sahabat Ummi, kopi ternyata bisa berpotensi sebagai penyembuh, bisa pula sebagai pembunuh. Nah, ini dia 9 fakta unik tentang kopi. Selamat menikmati.

Fakta pertama

Kopi merupakan sumber diet antioksidan nomor satu di berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, Italia, Spanyol, dan Norwegia.

Biji kopi mengandung senyawa antioksidan fenolik. Polifenol utama di dalam kopi adalah asam klorogenat. Asam klorogenat adalah salah satu senyawa antioksidan kuat di dalam kopi.

Fakta kedua

Kopi sejak lama telah direkomendasikan sebagai panacea [obat penyembuh segala penyakit], efektif menyembuhkan penyakit infeksi, kardiovaskuler, kanker, dan problematika sistem saraf.

Fakta ketiga

Biji kopi yang kaya akan Trigonelline merupakan produk bioteknologi yang bermanfaat dikembangkan sebagai pangan fungsional. Sintesis Trigonelline aktif ditemukan di jaringan muda daun dan buah kopi.

Fakta keempat

Senyawa polifenol yang terkandung di dalam kopi berkhasiat sebagai antioksidan, antiradang, antibakteri, antijamur, antivirus, antikanker, antitrombotik, antihiperglikemik, antiobesitas, antidiabetik, bermanfaat untuk sistem kardiovaskuler, pencegahan dan perbaikan penyakit paru-paru, mata, serta mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif.

 

Baca juga: Tips Atasi Kulit Wajah Kering dengan Kopi

 

Fakta kelima

Kopi telah dikenal oleh manusia sedikitnya selama 1200 tahun. Rata-rata 1 orang di negara Eropa mengonsumsi kopi 5,1 kg/tahun. Setiap hari, penduduk Amerika meminum lebih dari 400 juta cangkir kopi.

Fakta keenam

Di daerah dataran rendah, kopi cenderung lebih banyak mengandung kafein dan asam klorogenat. Di daerah dataran tinggi, kopi cenderung lebih sedikit mengandung kafein dan lebih banyak mengandung gula.

Fakta ketujuh

Kafein kadar tinggi (lebih dari 750 mg/hari) meningkatkan output urin dan ekskresi kalsium-magnesium urin, yang berimplikasi terhadap kesehatan tulang. Kopi berkafein meningkatkan risiko keropos tulang dan fraktur. Kadar kafein yang aman adalah 500-600 mg per hari.

Fakta kedelapan

Efek negatif konsumsi kopi adalah cemas, palpitasi (keringat dingin, pucat, jantung berdenyut cepat), tremor (gemetar), problematika tidur setelah meminum kopi, terutama bila mengandung kafein dosis tinggi.

Fakta kesembilan

Kopi aman bila dikonsumsi sesuai dosis. Dosis aman kafein 300 mg (3 cangkir kopi) sehari. Mengkonsumsi 10 kali kafein dosis aman tersebut sekaligus berpotensi menyebabkan kematian. Konsumsi 2-3 atau paling banyak 4 cangkir kopi sehari merupakan saran rasional. Kafein untuk ibu hamil tidak boleh lebih dari 300 mg/hari. Sesuai rekomendasi Federal Department of Health, Ottawa, Ontario, Canada, intake 2,5 mg/kg berat badan /hari adalah batas atas konsumsi kafein untuk anak-anak.

Foto ilustrasi: google

Profil penulis:

dr. Dito Anurogo, dokter digital/online, penulis 18 buku dan lebih dari 333 artikel dan karya ilmiah terpublikasi, sedang kuliah di S-2 IKD Biomedis FK UGM Yogyakarta. Email ditoanurogo@gmail.com 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});