Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Traveling
  4. /
  5. Tips Terhindar dari Motion Sickness atau Mabuk Perjalanan

   Rubrik : Traveling

Tips Terhindar dari Motion Sickness atau Mabuk Perjalanan

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 2966 Kali

Tips Terhindar dari Motion Sickness atau Mabuk Perjalanan
Tips Terhindar dari Motion Sickness atau Mabuk Perjalanan

Sahabat Ummi, tentu kita pernah melakukan perjalanan jarak sedang-jauh-sangat jauh bukan? Ya, kita sudah biasa berpergian sejak kecil, baik itu untuk tamasya, mengunjungi sanak saudara, dan sebagainya. Karena kebiasaan berpergian ini lah tubuh kita terbiasa sehingga sekarang-sekarang ini kita sudah tidak merasakan mabuk perjalanan lagi.

Lalu, bagaimana jika hal itu terjadi pada keluarga kita yang belum terbiasa berpergian? Sebelumnya kita kenali dulu yuk sebab dari terjadinya mabuk perjalanan. Sahabat Ummi, ternyata ada istilah lain untuk mabuk perjalanan sendiri, yakni motion sickness.

 Motion sickness terjadi saat sistem vestibular (pusat keseimbangan di telinga bagian dalam) terganggu. Terganggunya pusat keseimbangan di telinga ini merangsang produksi zat histamine yang merangsang otak untuk menimbulkan reaksi mual dan ingin muntah. Biasanya terjadi ketika berada dalam perjalanan posisi duduk tidak seimbang, atau cenderung terfokus pada satu objek dengan mata fokus ke bawah.

Ternyata masih ada hal lain yang menyebabkan mabuk perjalanan, selain hal itu bisa terjadi karena sugesti , motion sicknessjuga sering disebabkan kurangnya sirkulasi udara segai yang baik sehingga membuat otak kekurangan oksigen. Itu sebabnya banyak orang yang melakukan perjalanan dengan sepeda motor jarang merasakan mabuk perjalanan. Berikut ini ada beberapa tips untuk Sahabat Ummi agar terhindar dari motion sickness atau mabuk perjalanan.

  1.       Madu dan Air Lemon

Madu dan lemon merupakan bahan alami yang sangat baik untuk menetralisir racun, mengobati penyakit atau tidak enak badan, salah satunya saat mabuk perjalanan. Minumlah madu yang dicampurkan air lemon dan air dingin secukupnya.

  1.       Air Kelapa Muda

Selain madu dan air lemon, air kelapa muda juga dikenal ampuh untuk menetralisir racun. Obat alami ini baik juga untuk menguatkan sistem imun tubuh. Jadi, meminum air kelapa muda saat di perjalanan dapat meredakan mabuk dengan cepat.

 

Baca juga: Wanita Hamil Boleh Konsumsi Obat-obatan?

 

  1.       Jus Jeruk

Asam lambung akan berakumulasi sehingga menjadikan kita mabuk perjalanan. Meminum bahan alami dengan rasa asam yang segar seperti jus jeruk bisa mengatasi mabuk perjalanan kita. Sebab hal itu dapat membuat mulut terasa lebih segar dan menghilangkan rasa mual.

  1.       Jahe

Bukan hanya untuk menghilangkan rasa mual, ternyata, jahe juga dapat mengatasi gangguan pencernaan, sembelit, kembung, serta berbagai macam masalah pencernaan lainnya. Untuk mengatasi mabuk perjalanan menyeduh jahe yang telah digeprak atau dipotong-potong dan diminum dengan madu.

  1.       Pisang

Cobalah makan1-2 buah pisang untuk mengembalikan energi dan rasa mual yang akan berkurang. Pisang berperan penting dalam mengembalikan vitalitas tubuh setelah mabuk perjalanan. Kandungan kalium dan protein yang tinggi dan dapat mengembalikan kebutuhan mineral tubuh, serta mengembalikan nutrisi yang sempat terbuang lainnya.

Itulah beberapa hal yang dapat menyembuhkan motion sickness atau mabuk perjalanan kita, Sahabat Ummi. Selain beberapa hal di atas kita bisa meminum obat anti mabuk, disesuaikan dengan dosis dan usianya ya, Sahabat Ummi. InsyaAllah perjalanan akan semakin nyaman tanpa motion sickness.

Hani Dwi Putri

Foto ilustrasi: google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});