Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Ramadhan
  4. /
  5. Fakta Seputar Pertanyaan dan Jawaban Yang Berkaitan Erat Dengan Bulan Ramadhan

   Rubrik : Ramadhan

Fakta Seputar Pertanyaan dan Jawaban Yang Berkaitan Erat Dengan Bulan Ramadhan

  Ditulis Oleh Anisa K.J Dibaca 1551 Kali

Fakta Seputar Pertanyaan dan Jawaban Yang Berkaitan Erat Dengan Bulan Ramadhan

Sahabat ummi, saat bulan puasa tiba tentunya banyak dari kita yang bertanya-tanya, seperti apakah orang hamil boleh berpuasa? Mengapa warna urin saat bulan puasa menjadi lebih keruh atau gelap? Mengapa mudah mengantuk setelah makan? Bagaimana cara menurunkan berat badan selama bulan ramadhan? dan sebagainya. Oleh karena itu, berikut telah disajikan berbagai daftar pertanyaan beserta jawaban yang dikutip dari The Saudi Diabetes and Endocrine Association :

 

Apakah bisa menunda makan makanan berat setelah sholat maghrib?
Bisa. Kita dapat menunda makan makanan berat setelah sholat maghrib, tetapi jangan menunda makan lebih dari satu jam setelah matahari tenggelam. Menunda makan terlalu lama tidak dianjurkan karena membuat tekanan darah menjadi drop.

 

Mengapa mudah mengantuk setelah makan makanan berat?
Hal ini dapat terjadi karena banyak faktor. Sebagai contoh yakni mengkonsumsi makanan dan minuman dalam jumlah banyak dan menghabiskannya dalam waktu bersamaan, padahal hal seperti ini dapat menganggu mekanisme sistem pencernaan. Dapat juga disebabkan karna mengkonsumsi makan-makanan berlemak. Untuk mencegah rasa kantuk setelah makan dapat melakukan beberapa hal seperti mengunyah makanan secara perlahan, buatlah makanan yang rendah lemak dan kurangi konsumsi gorengan, jangan minum secara langsung setelah makan nasi, tapi banyaklah minum di waktu antara berbuka puasa dan makan berat.

 

Seperti apakah jam makan sahur yang baik itu?
Makan sahur lebih baik dilakukan saat mendekati fajar dan lebih baik tidak mengkonsumsi makanan pada pukul 01.00 pagi. Makan sahur juga tidak seharusnya diisi dengan makanan yang mengandung lemak tinggi karena kebanyakan orang setelah mengkonsumsi jenis makanan berat atau berlemak tinggi akan kembali tidur.

 

Bagaimana cara mengurangi berat badan selama bulan ramadhan?
Kita dapat melakukan olahraga ringan 30-45 menit, seperti berjalan santai. Bagi beberapa ibu rumah tangga maka dapat dilakukan dengan cara aktif mengerjakan pekerjaan rumah serta tentunya saat waktu antara berbuka puasa hingga makan malam lebih banyak konsumsi sayur dan buah.

 

Bagaimana dengan mereka yang memiliki kolestrol tinggi?
Penderita kolestrol tinggi sangat disarankan menghindari makan dan bahan makanan berat seperti mentega, margarin, jeroan, kuning telur, mengganti makanan manis dengan buah segar, hindari makanan yang menggunakan telur sebagai bahan pembuatannya (pancake dan sejenisnya), jangan memasak menggunakan minyak sawit & minyak kelapa tetapi diganti dengan minyak jagung serta minyak zaitun. Sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

 

Berapa banyak kurma yang dihabiskan dalam sehari?
makanlah kurma 3-5 biji dalam sehari. Informai tambahan yakni kita harus waspada apakah yang kita makan kurma murni atau manisan kurma karena sebagian besar yang beredar di Indonesia adalah manisan kurma, yakni kurma yang telah difermentasi dan dicampur menggunakan bahan tambahan lain seperti gula dan madu. Maka pilihlah kurma dengan kualitas yang baik.

 

Apakah anak-anak diwajibkan berpuasa?
Anak-anak yang masih kecil tidak direkomendasikan untuk berpuasa, akan tetapi anak-anak yang sudah lebih besar dapat berpuasa beberapa jam ( antara pagi sampai siang hari) untuk melatih mereka di masa yang akan datang dan berbagi nilai puasa dengan anggota keluarga.

 

Dapatkah ibu hamil atau menyusui berpuasa?
Ibu hamil dan menyusui tidak direkomendasikan berpuasa. Jika mereka ingin berpuasa maka mereka boleh mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter. Adapun jika tetap ingin berpuasa maka beberapa hal baik yang dianjurkan bagi mereka adalah konsumsi air mineral dan buah-buahan segar saat berbuka puasa dan sahur, memiliki waktu istirahat yang cukup tiap harinya, latihan berjalan-jalan di waktu malam hari, pastikan untuk makan makanan yang bernutrisi cukup, tidak melupakan 3 waktu makan ( ketika berbuka puasa, tengah malam, dan sahur), serta tidak lupa memeriksakan diri pada dokter apakah kondisi tekanan darah normal.

 

Mengapa warna urin lebih keruh atau pekat saat bulan puasa?
Warna urin lebih keruh/pekat atau bahkan gelap mengindikasikan terjadinya dehidrasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat melakukan beberapa hal seperti minum 8-10 gelas antara waktu berbuka puasa hingga makan sahur, memperbanyak konsumsi jus buah tanpa gula & sup rendah lemak, mengganti minuman berkafein dengan yang tidak mengandung kafein, mengurangi penggunaan garam, jangan banyak makan daging, dan jangan berolahraga saat cuaca panas ( akan lebih baik dilakukan saat sore hari).

 

Apakah baik tidur setelah berbuka puasa atau sahur?
Tidak. Setelah mengkonsumsi makanan, maka sistem pencernaan perlu mencerna makanan dan kemudian menyerap nutrisi yang terkandung di dalamnya. Beberapa jenis makanan mudah dicerna seperti nasi atau kentang sedangkan lainnya membutuhkan beberapa jam lebih lama  untuk mencernanya seperti daging atau makanan yang digoreng. Pencernaan akan bekerja lambat saat tidur. Ditambah lagi tidur setelah makan dapat menyebabkan sembelit dan permasalahan lambung. Oleh karena itu, lebih baik untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak dan menghindari makanan berat dan tidur setelah menyantap makanan.

 

Yuk, jadi ORANGTUA ASUH (OTA) Santri Penghafal Qur'an Askar Kauny! Donasi Rp 150.000,-/bulan Dapat Majalah Ummi (free ongkir)
Transfer ke Bank Muamalat 335-000-9175 a.n. Yayasan Askar Kauny
Konfirmasi ke 0813 8054 4843 : OTA#Nama#AlamatLengkap#No.HP#jumlahtransfer#TanggalTransfer#JamTransfer


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});