Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Cara Menyimpan Sayuran agar Tetap Segar

   Rubrik : Kesehatan

Cara Menyimpan Sayuran agar Tetap Segar

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 550 Kali

Cara Menyimpan Sayuran agar Tetap Segar
Cara Menyimpan Sayuran agar Tetap Segar

Sahabat Ummi, sayuran merupakan bahan pangan yang mengandung kadar air tinggi dan vitamin yang wajib dihidangkan di meja makan karena baik bagi kesehatan. Bagi Sahabat Ummi yang sering membeli persediaan sayuran dalam jumlah banyak, tentunya perlu menyimpan sayuran dengan baik untuk menjaga sayuran agar tetap segar dan tidak membusuk. Berikut beberapa cara menyimpan sayuran agar tetap segar:

1. Memilih sayuran

Sebelum membeli sayuran sebagai persediaan, kamu harus mendata terlebih dahulu sayuran apa saja yang akan dibeli. Kemudian, pilihlah toko yang menjual sayuran segar. Hindari membeli sayuran yang sudah tidak segar, karena itu akan membuat sayur tidak bertahan lama.

2. Jangan dicuci

Kerap kali orang mencuci sayuran terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam kulkas. Ternyata, hal tersebut merupakan cara yang salah. Mencuci sayuran sebelum disimpan akan menyebabkan bakteri yang ada pada sayuran lebih cepat berkembang biak, menghapus perlindungan alami dari sayuran tersebut, dan mempercepat kebusukan.

3. Lapisi sayuran

Sebelum menyimpan, lapisilah sayuran dengan kertas atau tisu dapur untuk mencegah terjadinya kebusukan. Kertas mencegah suhu lembap pada kulkas masuk ke dalam sayuran sehingga suhu sayuran akan terjaga dengan baik.

4. Jangan Simpan Sayuran yang Sudah Dipotong

Sahabat Ummi, hindarilah menyimpan sayuran dengan keadaan sudah terpotong-potong. Hal ini akan membuat sayur tidak bertahan lama meskipun disimpan dalam kulkas.

5. Jangan simpan bersama buah

Jika kulkas sedang tidak dalam keadaan penuh, kamu bisa menyimpan sayuran di rak atau tempat yang berbeda dengan buah-buahan. Buah akan mengeluarkan zat etilen yang dapat mempercepat kematangan buah dan sayuran. Oleh karena itu, sayuran yang akan terkena zat ini akan lebih cepat membusuk.

6. Pastikan kulkas bersih

Kulkas adalah tempat yang tepat untuk menyimpan sayuran karena suhu di dalamnya sejuk dan dingin. Oleh karena itu, sebelum kamu menyimpan sayuran di kulkas, pastikan bahwa kulkas sedang dalam keadaan bersih.

7. Suhu kulkas

Suhu di dalam kulkas sebaiknya di antara 1 sampai 4 derajat celcius. Jika lebih tinggi dari itu, maka akan menyebabkan munculnya bakteri yang akan mempengaruhi rasa dan aroma sayuran. Sedangkan jika rendah, akan membuat sayuran menjadi beku.

8. Simpan Bawang di Kantung

Simpanlah jenis bawang di dalam kantung kertas yang sudah diberikan beberapa lubang kecil sebagai ventilasi. Cara ini dapat membuat bawang lebih awet dan tidak mudah busuk. Simpanlah bawang pada kantung kertas secara terpisah sesuai dengan jenisnya, seperti bawang merah, putih, bombay, dan sebagainya.

9. Masukkan kantong plastik

Alangkah lebih baik jika sayuran dimasukkan ke dalam kantong plastik sebelum disimpan agar tidak mudah rusak. Cara ini dapat menghilangkan kelembapan sayur.

10. Periksa secara berkala

Cara terakhir ialah memeriksa keadaan sayuran secara berkala. Hal ini dilakukan agar dapat memastikan bagaimana kondisi sayuran. Jika sayuran sudah mulai membusuk, pisahkan dan buang sayuran tersebut agar tidak mempengaruhi kesegaran sayuran lainnya.

Itulah 10 cara menyimpan sayuran agar tetap segar. Sahabat Ummi, untuk menghindari sayuran yang terbuang sia-sia, alangkah baiknya jika membeli sayuran secukupnya dan sesuai kebutuhan. (Dina Nazhifah)

Sumber: Resepkoki(dot)id dan berbagai sumber
Ilustrasi: google

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});