Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Film
  4. /
  5. Berangkat Penasaran, Pulang Terinspirasi

   Rubrik : Film

Berangkat Penasaran, Pulang Terinspirasi

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 984 Kali

Berangkat Penasaran, Pulang Terinspirasi
Berangkat Penasaran, Pulang Terinspirasi

Malam minggu kemarin akhirnya aku gak Cuma nongkrong di rumah dan nontonin TV doang. Karena aku dapat undangan gala premiere Bulan Terbelah di Langit Amerika 2 (BTDLA 2) di XXI Plaza Indonesia. Senang banget, soalnya aku dapet tiket ini karena aku menang kuis nonton bareng BTDLA 2, serta berkesempatan menjadi salah satu orang yang nonton film ini pertama kali sebelum diputar di bioskop-bioskop Indonesia.

Sebelumnya aku sudah semangat banget sebelum nonton film ini dan gak sabar pengen cepet-cepet tanggal 3 Desember. Karena ketika poster BTDLA 2 dirilis aku tertarik dengan sebuah pertanyaan di poster tersebut, yaitu “Apakah Muslim Penemu Amerika?”. Pertanyaan itu menggugah rasa penasaranku, apalagi ketika trailernya resmi dirilis.

Hingga akhirnya tiba juga gala premiere Bulan Terbelah di Langit Amerika 2. Berangkat dengan rasa penasaran, pulangnya aku malah membawa persaan terinspirasi. Dalam film ini, Hanum diceritakan diberi tugas untuk menguak apakah benar bukan Colombus penemu Amerika? Apakah Muslim China yang menemukan Amerika?

 

Baca juga: BTDLA: Bukan Cerita Islami Remeh-temeh

 

Muslim Hui yang disebut-sebut telah menemukan Amerika sebelum Colombus, dalam film ini digambarkan dengan kisah yang cukup mengharukan. Film dibuka dengan adegan komunis China merah yang memberantas Muslim Hui. Adegan ini setidaknya telah member gambaran nyata bagaimana saat itu China merah memperlakukan kaum Muslim Hui. Memperlihatkan bagaimana keluarga yang terpisah saat itu dan akhirnya sebagian dari mereka berlayar ke Amerika untuk mencari perlindungan. Bahkan ada keluarga yang kemudian terbelah karena sejarah.

BTDLA 2 telah memberikan gambaran kepingan-kepingan sejarah yang dibalut dengan kisah yang mungkin saja benar terjadi dibalik sebuah sejarah besar.

Pengungkapan sejarahnya sendiri telah menginspirasiku untuk mencoba ikut menguak sejarah-sejarah lainnya yang belum terungkap atau bahkan masih disembunyikan. Kisah-kisah Muslim Hui yang diceritakan dalam film ini cukup menarik, bahkan membuat diriku ingin mencari kisah-kisah dibalik sejarah lainnya yang belum pernah diceritakan dan pastinya menarik untuk didengar.

Foto ilustrasi: google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});