Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Hadits
  4. /
  5. 7 Perkara Yang Membinasakaan

   Rubrik : Hadits

7 Perkara Yang Membinasakaan

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 3095 Kali

7 Perkara Yang Membinasakaan
7 Perkara Yang Membinasakaan
Sahabat Ummi, Al-Qur'an merupakan pedoman hidup bagi setiap muslim. Di dalamnya tidak hanya berisi kabar gembira, tetapi juga peringatan kepada setiap ummat manusia agar dengannya, setiap hamba dapat berjalan di jalan yang lurus. Berjalan sesuai koridor yang telah Allah tentukan dan Rasulullah ajarkan kepada kita.

Allah SWT berfirman:
هٰذَا  بَيَانٌ لِّلنَّاسِ وَهُدًى وَّمَوْعِظَةٌ لِّلْمُتَّقِيْنَ

"Inilah (Al-Qur'an) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Ali 'Imran [3] : 138)

Meski demikian, tak sedikit umat muslim yang masih tergelincir dan tenggelam di dalam kubangan dosa. Sebabnya berbagai macam. Ada yang masih bermaksiat karena belum ada satu ayat pun yang sampai kepadanya, atau bisa juga karena hatinya yang memang selalu menolak kebenaran dan masih tetap mengikuti hawa nafsunya.

Itu sebabnya pula, kita tidak perlu menunggu menjadi baik dan sempurna untuk menyebarkan kebaikan. Menyampaikan kebaikan meskipun hanya satu ayat. Bisa jadi kan, ada orang yang menerima ajakan atau ajaran kebaikan yang kita sebarkan? Siapa tahu? Karena hidayah hanya milik Allah.

Nah berikut ini ada sebuah hadits yang menyebutkan mengenai 7 Perkara yang dapat membinasakan. Ini penting banget kita ketahui supaya kita jangan sampai ikut terjerumus kepada sesuatu hal yang ternyata dapat membinasakan diri kita sendiri. Berikut haditsnya;

ِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّهِ وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْغَافِلَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ

Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Jauhilah tujuh perkara yang membinasakan!" Beliau ditanya; wahai Rasulullah, apakah perkara tersebut? Beliau berkata: ""Mensekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan haq, memakan riba, memakan harta anak yatim, lari dari peperangan, menuduh seorang wanita mukmin yang suci dan baik berbuat zina."  (HR Abu Daud No 2490)

Kalau diperhatikan lagi, tujuh perkara di atas sebenarnya sangat berpotensi untuk dilakukan pada masa kini. Riba banyak kita temui dimana-mana, sihir dan berbagai macam hal juga dapat membuat kita menyekutukan Allah meskipun kadang melakukannya tanpa sadar. Pokoknya semua perkara di atas berpotensi bangetlah dilakukan di  jaman sekarang. Jadi sudah sepaptutnya kita berhati-hati terhadap sesuatu yang belum kita pahami.

Semoga kita dijauhkan dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan justru merugikan diri sendiri, Sahabat Ummi.
 
Wallahua'lam bishowab. Semoga bermanfaat.
 
Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});