Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Traveling
  4. /
  5. 12 Tempat Wisata Murah di Jabodetabek

   Rubrik : Traveling

12 Tempat Wisata Murah di Jabodetabek

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1799 Kali

12 Tempat Wisata Murah di Jabodetabek
12 Tempat Wisata Murah di Jabodetabek
Sahabat Ummi, siapa bilang berwisata bersama keluarga dan anak-anak harus mengeluarkan budget besar? Ada lho tempat wisata murah di Jabodetabek yang bisa dikunjungi saat weekend atau libur nasional. Jadi, kalau ada keluarga jauh sedang bermain, kita bisa mengajak mereka bermain ke beberapa tempat wisata murah meriah. Demikian juga kalau anak-anak bosan di rumah ketika weekend tiba.

Berikut ini 12 Tempat wisata murah di Jabodetabek yang bisa menjadi referensi berlibur keluarga. Tempat mana saja yang sudah pernah Sahabat Ummi kunjungi? Boleh berbagi cerita di kolom komentar yaa:

1. Monumen Nasional

Siapa sih yang tidak tahu monas alias monumen nasional? Monas sudah menjadi icon ibukota Jakarta. Bangunan setinggi 32 meter ini beroperasi setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3-4 sore. Namun, setiap hari Senin terakhir di setiap bulannya, pelayanan akan ditutup untuk umum.

Untuk masuk ke monas atau bahkan naik sampai ke puncaknya, tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Sahabat Ummi cukup mengeluarkan uang paling mahal 20 ribu Rupiah untuk dewasa, dan 10 ribu untuk anak-anak.

2. Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata yang satu ini cocok bagi semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Di sini kita bisa melihat rumah-rumah adat dari Sabang hingga Merauke. Tidak salah jika TMII ini disebut sebagai miniaturnya Indonesia. Jika Sahabat Ummi suka berfoto ria, serta ingin mengenalkan kebudayaan Indonesia pada anak-anak, bisa dengan mengajak mereka mengunjungi TMII. 

Tempat wisata dengan luas 150 hektare ini berlokasi di Jakarta Timur dan beroperasi Senin hingga Minggu. Dengan harga tiket berbeda-beda tiap wahananya.

3. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan Kebun Binatang pertama yang ada di indonesia yang didirikan pada tahun 1864. Kebun Binatang Ragunan terletak di daerah Ragunan, Pasar minggu, Jakarta Selatan. Di sini Sahabat Ummi bisa menikmati wisata hutan tropis mini berisikan lebih dari 50.000 pohon serta lebih dari 2.000 ekor satwa.

Mengenalkan aneka jenis satwa dan tanaman pada anak-anak tentu saja bisa menjadi wisata yang menyenangkan. Apalagi harga tiket masuknya kurang dari 10 ribu Rupiah per orang.

4. Kebun Raya Bogor


Icon kota Bogor ini memang layak untuk dikunjungi bersama keluarga. Tidak hanya hijau dan luas yang mencapai 87 hektar, di kebun Raya Bogor ini juga terdapat beberapa museum seperti Museum Zoologi yang menyimpan berbagai jenis fosil hewan, baik hewan laut, mamalia, sampai bermacam jenis burung bisa disaksikan.


Tiket Masuk Kebun Raya Bogor Wisatawan Domestik Rp 15.000, International Tourist Rp 25.000, Kendaraan Roda 4 (Keliling)Rp 30.000, Parkir Roda 2 Rp 5.000, Bersepeda Keliling Rp 5.000. Harga Tiket masuk Kebun Raya Bogor ini sudah termasuk Asuransi Jasa Raharja Distribusi Pemkot dan Masuk Museum Zoologi. Jam Bukanya mulai pukul 07.30-17.00 Wib sedangkan museum zoologi mulai buka pukul 08:00 – 16:00 setiap hari.

5. Kota Tua

Sahabat Ummi suka bersepeda ontel, mengunjungi museum, atau berfoto ria di kawasan kota tua yang eksotik? Kalau iya, wisata ke Kota Tua bisa menjadi pilihan menarik. Untuk mengelilingi kawasan Kota Tua ini, kita bisa memanfaatkan sepeda ontel yang disewakan oleh pengelola. Sembari berkeliling-keliling ria, jangan lupa untuk sejenak singgah ke museum yang juga ada di sana.

Cukup hanya dengan membayar Rp. 2.000 sampa Rp. 5.000 Sahabat Ummi bisa mendapatkan tambahan pengetahuan sejarah jakarta di masa lalu. Tak heran jika Kota Tua menjadi tempat liburan murah di Jakarta. Saat hari mulai menjelang malam, para pedagang akan semakin ramai berdatangan menjajakan dagangannya. Mulai dari makanan, pakaian, hingga souvenir lainnya semua tersedia hanya tinggal pilih yang mana yang sesuai selera.

6. Planetarium

Senang memandangi bintang di langit? Cocok sekali kalau berwisata ke Planetarium yang ada di jalan Cikini Raya no. 73, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di kawasan Taman Ismail Marzuki. Seperti namanya, di tempat dengan desain gedung menyerupai kubah setengah bola ini kita bisa menyaksikan planet-planet dan bintang-bintang yang ada di alam semesta.

Ditambah lagi, tiket masuk yang harus dibayar sangat-sangat terjangkau. Untuk dewasa hanya dikenai tarif Rp. 7.000 dan Rp. 3.5000 untuk anak-anak. Planetarum ini beroperasi dari hari Selasa sampai dengan hari Minggu.

7. Pantai Marina Ancol

Bagi Sahabat Ummi yang suka pemandangan pantai, bisa mengajak keluarga berekreasi ke Pantai Marina Ancol. Di pantai Marina, kita bisa menikmati eksotisme teluk Jakarta dengan berjalan menyusur dermaga. Hanya perlu membayar sekitar Rp. 25.000 Rupiah untuk masuk ke kawasan pantai eksotis ini.

8. Taman Bunga Wiladatika Depok

Sahabat Ummi suka melihat bunga berwarna-warni? Hmm... rekreasi dong bersama keluarga ke Taman Bunga Wiladatika Depok. Sesuai dengan namanya, taman ini memiliki koleksi beraneka jenis bunga yang akan terlihat dengan sangat indah saat bermekaran. Lokasinya berada di Jalan Jambore No 1, Depok.

Selain memiliki pemandangan yang indah, taman ini akan mengingatkan wisatawan pada negara Belanda. Taman bunga ini juga memiliki berbagai macam fasilitas bermain yang cukup lengkap, dj antaranya kolam renang, gua mini, dan beberapa tempat bermain. Maka dari itu, tempat ini cocok untuk wisata keluarga. Selain sebagai wisata edukasi flora, anak-anak juga bisa bermain.

9. Curug Parigi Bekasi

Curug Parigi lokasinya tidak jauh dari tempat pembuangan sampah terpadu bantar gebang. Namun jangan salah sangka dulu, meskipun lokasinya tidak jauh dari lokasi pembuangan sampah bantar gebang, curug parigi memiliki keindahan alam yang eksotis dan asri. Bagi Sahabat Ummi yang senang dengan wisata alam, bisa mengajak keluarga berekreasi ke sini.

10. Taman Buaya Cibarusah

Senang melihat hewan liar? Di taman Buaya Cibarusah Sahabat Ummi bisa menyaksikan sekitar 500an buaya yang terbagi menjadi lima kolam. Wuahh... Selain itu, kita juga bisa menyaksikan atraksi daerah khas Banten, yakni pertunjukan debus yang melibatkan hewan-hewan reptil seperti buaya dan ular. Namun untuk menyaksikan debus ini kita harus berkunjung ke taman buaya saat hari libur atau hari minggu, sebab pertunjukan debus hanya ada saat hari minggu dan hari libur mulai jam 11.00 sampai 14.00.

11. Situ Cipondoh

Situ Cipondoh atau bisa disebut danau Cipondoh merupakan salah satu tempat wisata Tangerang Selatan yang berada di Jalan Kyai Hasyim Asyari. Danau ini menjadi objek wisata di Tangerang yang cocok untuk wisata keluarga.Tidak hanya melihat-lihat keindahan alamnya, Sahabat Ummi juga bisa memancing, bermain sepeda air, dan juga naik kereta mini, bebek-bebekan bahkan ada pula flying fox yang siap memacu adrenalin. Harga tiket masuknya tergolong murah kok, hanya 5000 per orang. Tiket perahu 10 ribu, tiket kereta air 25.000. Tertarik berekreasi ke sini?

12. Pulau Cangkir Tangerang

Pulau Cangkir merupakan tempat wisata di Kota Tangerang yang menjadi favorit penduduk Tangerang dan sekitarnya karena objek wisata ini adalah perpaduan antara wisata bahari, sejarah dan ziarah. Pulau yang memiliki luas dua puluh lima hektar ini berada di Kecamatan Krojo, Kota Tangerang. Selain menyuguhkan keindahan alam, yang menjadikan Pulau Cangkir sebagai destinasi wisata sejarah dan ziarah adalah adanya makam dari Pangeran Jaga Lautan yang merupakan tokoh penting dalam penyebaran agama Islam di wilayah Banten yang sekitarnya. Harga tiket masuknya di bawah 10 ribu Rupiah lho. Sayangnya, pengelolaan daerah wisata ini masih dianggap kurang baik. Sahabat Ummi tertarik berkunjung?

 

 

Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});