Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Inilah Cara Detoks Alami Untuk Medapatkan Tubuh yang Sehat

   Rubrik : Kesehatan

Inilah Cara Detoks Alami Untuk Medapatkan Tubuh yang Sehat

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1627 Kali

Inilah Cara Detoks Alami Untuk Medapatkan Tubuh yang Sehat
Inilah Cara Detoks Alami Untuk Medapatkan Tubuh yang Sehat

Sahabat Ummi, detoks merupakan proses mengeluarkan toksin dalam tubuh melalui urin, pernapasan, tinja, dan keringat dengan menggunakan empat organ utama, yaitu hati, ginjal, saluran pencernaan, dan kulit. Melalui detoks inilah kamu dapat mengeluarkan racun-racun dalam tubuh. Efek dari detoks ini ialah dapat mencerahkan kulit, melancarkan pencernaan, hilangnya rasa sakit pada tubuh, serta meningkatnya energi.

Detoks dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut enam cara detoks secara alami yang dapat Sahabat Ummi lakukan:

1. Puasa

Tanpa disadari ketika berpuasa sebenarnya Sahabat Ummi sudah melakukan pembersihan tubuh secara alami atau detoks, lho. Pada saat puasa, kamu tidak minum dan tidak makan selama beberapa jam. Kesempatan inilah yang digunakan tubuh untuk mengatur ulang fungsinya, pemulihan, dan penyegaran.

Ketika berpuasa, sebaiknya hindarilah stres sehingga kamu juga memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat secara mental dan emosional, tidak hanya secara fisik. Biasakanlah berpuasa satu hari dalam seminggu.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan salah satu cairan yang berkualitas dan bisa membersihkan sistem pencernaan. Air putih bekerja menghilangkan racun dan ampas makanan yang mungkin tersisa dan menumpuk dalam usus melalui kulit, ginjal, serta keringat. Air dapat melarutkan unsur-unsur kimia dalam darah dan membantu memperbaiki jaringan tubuh. Minumlah sedikitnya delapan gelas air tiap harinya. Kekurangan air akan mengakibatkan darah menjadi lengket, kental, menyumbat dan meracuni sistem di dalam tubuh.

3. Oil Pulling

Oil pulling adalah cara berkumur selama 15 hingga 20 menit dengan minyak nabati tertentu dan dilakukan di pagi hari sebelum sarapan. Biasanya minyak yang digunakan ialah minyak kelapa atau minyak zaitun. Berkumurlah dengan cara mendesis-desis minyak di mulut pada saat perut kosong selama beberapa menit dan kemudian meludahkannya.

Oil pulling berfungsi untuk detoksifikasi tubuh, merangsang hormon serta metabolisme tubuh yang menyebabkan penurunan berat badan, dan memutihkan gigi.

4. Cukup Tidur

Tidur merupakan waktu istirahat bagi tubuh. Tidur cukup setiap malam dapat membantu tubuh mengurangi racun yang terbentuk dalam tubuh, karena saat tidur organ-organ dalam tubuh tidak bekerja sekeras saat bangun. Kurang tidur pun dapat melemahkan sistem imun, sehingga kamu mudah sakit.

5. Banyak Berkeringat

Salah satu cara tubuh dalam mengeluarkan racun ialah dengan melalui keringat. Suatu penelitian menemukan bahwa di dalam keringat yang dikeluarkan terdapat kandungan arsenik, kadmium, timbal, dan merkuri.

Bagaimana cara mengeluarkan keringat? Tentu kamu bisa melakukannya dengan cara olahraga atau melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat. Olahraga merupakan salah satu cara sehat untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan juga membantu tubuh mengeluarkan racun. Bagi Sahabat Ummi yang tidak suka berolahraga, mulailah membiasakan diri dengan olahraga ringan setidaknya 30 menit dalam sehari.

6. Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah-buahan, serta mengurangi jenis makanan yang merugikan tubuh akan membantu detoks yang optimal. Buah-buahan, sayur-mayur, polong-polongan dan makanan dengan sedikit pengolahan lainnya (beras merah, roti gandum, havermout) mengandung serat tinggi yang dapat membantu penyerapan dan transportasi toksin dari tubuh. Jenis makanan ini juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi, yang lebih mudah dicerna dibanding protein atau lemak.

Demikianlah enam cara detoks secara alami. Lakukanlah sesuai pilihan dan kenyamananmu. Mulailah dengan pola hidup sehat serta mengonsumsi makanan bergizi agar tubuh sehat dan racun-racun dalam tubuh pun dapat keluar. Selamat mencoba!  (Dina Nazhifah)

Sumber: hellosehat.com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});