Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Uncategory
  4. /
  5. Resep Kue Brownis Agar Lembut

   Rubrik : Uncategory

Resep Kue Brownis Agar Lembut

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 8031 Kali

Resep Kue Brownis Agar Lembut

Ummi, kenapa ya, brownis kukus buatan saya tidak sehalus dan selembut brownis kukus yang saya beli di toko kue? Sebenarnya bahan apa yang mereka pakai, sampai bisa selembut itu? Dan untuk soal bahan-bahannya, apakah bahan halalnya mudah diperoleh? Apakah ada potensi keharaman pada bahan yang digunakannya?

Rini, 081392664xxx

 

Jawaban

Brownis buatan sendiri dengan brownis yang kita beli di toko memang seringkali tidak sama kelembutannya. 

Tingkat kelembutan brownis itu ditentukan oleh dua faktor. Pertama, oleh bahan-bahan yang digunakan. Dan kedua oleh cara atau proses pembuatannya. Bahan untuk membuat brownis yang sangat terkait dengan keempukan hasil akhirnya adalah margarin atau mentega, telur, dan bahan pengemulsi (emulsifier). 

Secara umum, semakin banyak margarin atau mentega dan telur yang digunakan, brownis yang dihasilkan semakin lembut. Penggunaan kuning telur tanpa putih telur juga menambah kelembutan brownis. Demikian juga penambahan bahan pengemulsi.

Bahan pengemulsi biasanya mudah diperoleh di toko yang menjual bahan kue. Bilang saja Anda mencari bahan pelembut kue. Namun Anda harus berhati-hati, karena bahan pelembut ini berisiko tidak halal (haram). Itu lantaran bahan pelembut kebanyakan dibikin dari lemak (yang mungkin berasal dari hewan yang haram). Oleh karena itu, pastikan bahan pelembut yang Anda beli itu adalah jenis bahan yang halal.

Nah, di samping bahan, proses pembuatan brownis juga menentukan kelembutannya. Maka untuk mendapatkan kelembutan brownis ke tingkat yang Anda inginkan, Anda harus rajin bereksperimen (dalam hal pengocokan telur, pelelehan mentega, dan pencampuran bahan-bahan menjadi adonan), atau bertanya pada yang sudah berpengalaman membuat brownis.

Foto ilustrasi: google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});