Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Quran
  4. /
  5. Mengapa Ramadhan Terasa Cepat Berlalu?

   Rubrik : Quran

Mengapa Ramadhan Terasa Cepat Berlalu?

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1051 Kali

Mengapa Ramadhan Terasa Cepat Berlalu?
Mengapa Ramadhan Terasa Cepat Berlalu
Sahabat Ummi, tahukah mengapa setiap kali kedatangan bulan Ramadhan, terasa amat cepat berlalu? Baru masuk Ramadhan kok tiba-tiba sudah mau hari raya...
 
Jawaban utama adalah karena kita kurang beribadah dalam mengisi setiap detik di bulan Ramadhan. Kita disibukkan dengan berbagai agenda, mulai dari buka puasa bareng teman-teman lama, mengejar target kerjaan agar bisa cuti lebaran, belanja berbagai kebutuhan dan alasan sejenis lainnya. Kita tidak mendekat pada quran melainkan hanya sebatas targetan khatam saja.
 
Padahal kalau kita mau berusaha keras, lihatlah yang dilakukan para ulama ketika Ramadhan... 

Imam As Syafi’i mengkhatamkan Al Quran sebanyak 60 kali selama bulan Ramadhan, di luar yang ia baca dalam shalat tarawih. Imam Abu Hanifah juga melakukan hal yang sama. Sebagian dari orang-orang shalih ada yang khatam setiap pekan dan ada pula yang khatam setiap sepuluh hari.

Ibnu Abdul Hakam berkisah tentang Imam Malik. ia berkata “Apabila masuk Ramadhan, biasanya Imam Malik meninggalkan membaca hadits dan majelis-majelis ilmu untuk mengkhususkan diri membaca Al Qur’an dengan melihat mushaf. Katanya “Ini bulan Al Quran, tidak pantas ada perkataan yang menyibukkan dari Al Quran.”

Para ulama tersebut benar-benar mengisi hari-hari Ramadhan dengan quran, bahkan bacaan shalat mereka pun diperpanjang oleh hafalan quran. 
 
Bayangkan betapa banyaknya khatam quran 60x dalam sebulan, artinya dalam sehari bisa mengkhatamkan al quran sebanyak 2x. Tapi bisa jadi... Imam Syafii yang melakukan hal tersebut tetap saja merasa Ramadhan cepat sekali berlalu, karena ia masih saja merasa kurang dalam memanfaatkan kesempatan didatangi bulan mulia.
 
Lalu bagaimana dengan kita? Ramadhan mendekati detik-detik akhir, sudahkah kita semakin dekat pada Allah dan kalamNya?
 
Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});