Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Berita Islam Internasional
  4. /
  5. Mengapa pemerintah Indonesia tidak bersuara atas pembantaian di suriah?

   Rubrik : Berita Islam Internasional

Mengapa pemerintah Indonesia tidak bersuara atas pembantaian di suriah?

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1777 Kali

Mengapa pemerintah Indonesia tidak bersuara atas pembantaian di suriah?
Mengapa pemerintah Indonesia tidak bersuara atas pembantaian di suriah?

Sahabat Ummi, Aleppo sebagai kota kedua terbesar di Suriah telah menyedot perhatian dunia belakangan ini. Menyusul dengan semakin gencarnya pertempuran antara oposisi dan pasukan pro pemerintah.  

Masyarakat di berbagai negara pun tidak hanya diam atas kejamnya pembantaian di Aleppo, seperti di Berlin dan Perancis para warganya melakukan aksi di sejumlah titik kota. Selain itu, Jerman pun menjadi sebagai salah satu negara di Eropa yang membuka diri bagi penduduk Suriah untuk mengungsi.

Melihat saudara muslim kita yang ditindas dan dibantai tidak berpekrimanusiaan tersebut, negara Indonesia sebagai negara yang mayoritas Islam sudah melakukan apa?

Maraknya pemberitaan tentang sikap Indonesia yang abstain dalam voting rancangan resolusi di Dewan HAM PBB telah menyebar luas dan dibicarakan banyak masyarakat. Terlebih tidak sedikit yang mengkritik sikap Indonesia tersebut mengingat situasi di Aleppo, Suriah, saat ini sangat memprihatinkan.

Menurut berita yang dilansir oleh detik(dot)com, terdapat sebuah foto hasil voting dengan tajuk ‘The Human Rights Situation in The Syrian Arab Republic’ menangkap gambar bahwa Indonesia memilih abstain. Namun, hal tersebut sudah di konfirmasi oleh Menteri Luar Negeri Retno Lestari bahwa voting rancangan tersebut diambil pada Juli 2016.

 

Baca juga: Saudariku di Aleppo, Maafkan Kami yang Membiarkanmu Memilih Bunuh Diri untuk Mempertahankan Kesucian

 

Saat itu di Markas Besar PBB, Jenewa, Swiss, delegasi Indonesia mengambil sikap abstain. Hal itu dipertimbangkan karena untuk keselamatan Warga Negara Indonesia (WNI) di Suriah. Bahkan ada ribuan WNI yang masih berada di Suriah.

Dari sumber lain mengatakan bahwa kabar terbaru, pemerintah kerajaan Saudi membentuk Aliansi Strategis Militer Islami Sunni untuk membantu Aleppo. Beranggotakan 34 negara Islam sedunia, tanpa Indonesia dan Iran. Indonesia tidak diikut sertakan karena pemerintah Indonesia justru dekat dengan Iran Syiah dan China Komunis.

Hal itu terbukti, pada Selasa, 13 Desember 2016 waktu setempat Jokowi melakukan kunjungan ke Iran untuk melangsungkan pertemuan dengan pemimpin negara Iran dalam rangka menguatkan kerja sama ekonomi Indonesia-Iran. Apa benar karena kedekatan antar negara membuat pemerintah tidak mengambil tindakan untuk saudara muslim kita di Aleppo? Wallaahualam.

Foto ilustrasi: google

Hani Dwi Putri

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});