Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Pasutri
  4. /
  5. Kiat Jitu Agar Jadi Menantu Idaman Mertua

   Rubrik : Pasutri

Kiat Jitu Agar Jadi Menantu Idaman Mertua

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1370 Kali

Kiat Jitu Agar Jadi Menantu Idaman Mertua
Kiat Jitu Agar Jadi Menantu Idaman Mertua

Kiat Jitu Agar Jadi Menantu Idaman Mertua

            Sahabat Ummi, salah satu hal yang diinginkan setelah menikah ialah menjadi menantu idaman bagi sang mertua. Untuk menjadi menantu idaman tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Mungkin kamu bisa menyesuaikan diri dengan perbedaan-perbedaan yang ada pada pasangan, tapi belum tentu kamu bisa menyesuaikan diri dengan perbedaan yang ada pada ayah dan ibu mertua. Tapi itu semua sebenernya bisa diatasi kok.

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu dilakukan agar dapat menjadi seorang menantu idaman?

1. Berpikir dan Bersikap Positif

Salah satu tantangan yang sering kali muncul di benak seorang menantu ialah memiliki pikiran positif terhadap mertua. Sebagai seorang menantu yang secara langsung telah menjadi anak bagi mertua, kamu harus selalu berpikiran dan bersikap positif, jangan takut untuk melakukan sesuatu bagi mertua atau keluarga pasangan. Pikiran dan sikap positif akan membawa dampak positif bagi hubunganmu dengan mertua dan keluarga.

2. Peka terhadap Mertua

Sebagai seorang menantu, kamu harus peka terhadap mertua. Kamu harus mengamati kebiasaan apa saja yang dilakukan dan hal apa saja yang disukai atau tidak disukai mertua. Misalnya, makanan kesukaan, hobi yang sering dilakukan, selera pakaian, atau hal-hal lainnya. Ketika kamu peka terhadap hal-hal tersebut, maka mertua akan merasa dipedulikan dan dihargai.

3. Menghormati

Kamu harus menghormati mertua seperti menghormati orang tua sendiri. Cara menghormati mertua bisa dalam hal menghargai privasi mereka, juga bias menerima nasihat atau kritikan yang diberikan oleh mertua.

4. Buatlah Komunikasi yang Baik

Komunikasi tidak hanya membuat kamu dekat dengan mertua, tapi juga dapat membangun rasa saling peduli. Diskusikanlah hal-hal yang berhubungan dengan pasangan atau keluarga dengan mertua, dan mintalah pendapat mereka jika perlu. Hal ini dapat menghindari kesalahpahaman antar kamu dengan mertua dan adanya kedekatan secara psikologis.

5. Jadilah Rajin

Seorang mertua tidaklah senang jika melihat menantunya bermalas-malasan, bangun siang, dan tidak melakukan aktivitas apa pun. Oleh karena itu, ketika kamu berada bersama mertua, maka bangunlah lebih pagi, lekaslah ke dapur atau pergi bekerja. Jadilah rajin tanpa memberikan kesan dibuat-buat. Menjadi rajin bisa ditunjukan dengan mengerjakan sebuah pekerjaan tanpa perlu disuruh-suruh.

6. Jadikan Priotitas

Sahabat Ummi, jadikan ayah dan ibu mertua sebagai prioritas utama mengenai apa saja yang terjadi dalam kehidupan rumah tangga. Misalnya, mengirimkan foto dan mengabarkan bagaimana perkembangan sang anak.

7. Titipkan Anak

Sekali-kali kamu bisa menitipkan anak kepada mertua. Terkadang mertua suka mengurus cucu dan menganggap cucu sebagai anak sendiri. Anak juga pasti senang jika bisa berkumpul dengan kakek dan neneknya.

8. Tunjukkan Minat

Segala sesuatu hal mengenai pendekatan pastinya membutuhkan proses, kedekatan yang kamu bangun bersama mertua mungkin masih terasa canggung. Cobalah untuk mulai memposisikan diri senyaman mungkin. Lakukan pendekatan dengan cara menunjukkan minat. Misalnya, ketika mertua sedang memasak, kamu bisa menghampiri dan bertanya apa yang bisa kamu bantu.

9. Temukan Persamaan

Seringnya perbedaan pendapat menantu dengan mertua, namun hal tersebut belum tentu menunjukkan tidak adanya persamaan. Temukanlah persamaan kamu dengan mertua, misalnya memasak, berkebun, menjahit, dan sebagainya.

10. Harapan

Jika kamu bukan termasuk menantu yang disambut baik oleh mertua, janganlah putus asa. Berikan mereka waktu untuk mengenalmu.

            Demikianlah 10 hal yang perlu dilakukan terhadap mertua agar menjadi menantu idaman. Hubungan yang terjalin baik bersama mertua akan membuat hubunganmu terasa begitu lengkap dan bahagia. (Dina Nazhifah)

 

Sumber:

Keluarga(dot)com, merdeka(dot)com dan berbagai sumber

Ilustrasi:  Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});