Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Hadits
  4. /
  5. Jangan Tahan Ketika Ingin Bersin

   Rubrik : Hadits

Jangan Tahan Ketika Ingin Bersin

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 579 Kali

Jangan Tahan Ketika Ingin Bersin
Jangan Tahan Ketika Ingin Bersin
Sahabat Ummi, bersin merupakan cara tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan bagian atas atau untuk menghilangkan iritasi dari tenggorokan maupun hidung. Hal ini merupakan proses pengusiran secara paksa bakteri ke udara. Bersin seseorang pada umumnya memiliki kecepatan sekitar 160 km/jam dan dapat mengeluarkan 100.000 bakteri dalam sekali hentakan. 

Makanya, di dalam Islam, Rasulullah mengajarkan umatnya untuk menutup mulutnya dengan tangan atau kain ketika bersin, agar bakteri yang dikeluarkan ketika bersin tidak menyebar dan mengganggu orang lain.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ

Dari Abu Hurairah bahwa apabila Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersin, beliau menutup wajahnya dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya."  (HR Tirmidzi No 2669)

Ketika seseorang ingin bersin, tidak perlu ditahan, karena ternyata menahan bersin justru dapat berbahaya bagi kesehatan seperti dapat menyebabkan gangguan pendengaran, mimisan, patah tulang di dalam hidung, gangguan penglihatan, bahkan bisa juga menjadi penyebab stroke.

Ngeri kan? Apalagi bakteri yang seharusnya bisa dikeluarkan saat kita bersin malah ditahan supaya tetap di dalam. 
 
Jadi, sudah seharusnya kita bersyukur ketika masih diberikan nikmat untuk bisa bersin. Bukan malah menggerutu. Namun jika memang bersinnya lebih dari tiga kali, bisa jadi itu merupakan gejala flu, maka Sahabat Ummi bisa mencegah flu tersebut dengan meminum suplemen atau sejenisnya.
 

Selain itu, kita harus memuji Allah ketika bersin, juga menjawab do'a ketika mendengar orang yang sedang bersin tersebut dengan do'a yang pastinya kita sudah familiar atau hafal di luar kepala.

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا عَطَسَ أَحَدُكُمْ فَلْيَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَلْيَقُلْ الَّذِي يَرُدُّ عَلَيْهِ يَرْحَمُكَ اللَّهُ وَلْيَقُلْ هُوَ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ

Dari Abu Ayyub bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaknya dia mengucapkan "ALHAMDULILLAAH 'ALA KULLI HAAL (segala puji bagi Allah dalam kondisi apapun), " kemudian orang yang menjawabnya mengucapkan "YARHAMUKALLAAH (semoga Allah merahmatimu), " lalu dia membalas "YAHDIKUMULLAAHU WA YUSLIH BAALAKUM (semoga Allah memberi petunjuk kepada kalian dan memperbaiki kondisi kalian)." (HR Tirmidzi No 2665)
 
Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});