Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Pasutri
  4. /
  5. Inilah Rahasia Ibu Rumah Tangga di Jepang Tidak Memakai Jasa Pembantu

   Rubrik : Pasutri

Inilah Rahasia Ibu Rumah Tangga di Jepang Tidak Memakai Jasa Pembantu

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 29598 Kali

Inilah Rahasia Ibu Rumah Tangga di Jepang Tidak Memakai Jasa Pembantu
Inilah Rahasia Ibu Rumah Tangga di Jepang Tidak Memakai Jasa Pembantu
Sahabat Ummi, memakai jasa asisten tumah tangga (ART) atau pembantu banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga di Indonesia, dan itu tidaklah menjadi persoalan selama tugas penting mengasuh dan mendidik anak tetap menjadi tanggungjawab orangtua. 

Dalam Islam pun tidak diharamkan untuk mengambil jasa pembantu rumah tangga, kecuali kalau hal itu menyebabkan banyak pelanggaran syariat seperti perzinaan antara majikan dengan pembantu, kekerasan yang dilakukan pembantu pada anak atau lansia, dan lain sebagainya yang tentu saja membahayakan.

Tapi... Apakah Sahabat Ummi mau tahu rahasia ibu rumah tangga di Jepang, kok bisa ya tidak menggunakan jasa ART atau pembantu padahal banyak di antara mereka yang juga tetap bekerja kantoran? Ini beberapa hal yang perlu kita ketahui:

 
1. Jiwa mandiri

Yang paling perlu dicermati adalah jiwa mandiri yang dimiliki para ibu di Jepang, berupaya tidak mengandalkan orang lain untuk urusan domestik dan anak-anaknya. Memang sih ada banyak faktor lainnya yang menyebabkan para ibu rumah tangga di sana tidak menggunakan jasa pembantu, misalnya biaya pembantu serta pengasuh anak yang sangat mahal, akan tetapi ada lho ibu rumah tangga yang sebenarnya mampu secara finansial, tetap tidak menggunakan jasa pembantu untuk masak, berbenah rumah dan mengurus anak dikarenakan jiwa mandiri yang amat kuat. 
 
2. Menyederhanakan pekerjaan rumah tangga

Pakaian tidak perlu disetrika, setelah dijemur langsung saja dilipat atau digantung hanger. Mengapa tanpa disetrika namun baju tidak terlihat begitu lecek dan kusut? Ternyata jemuran baju yang di pakai di Jepang berbeda dengan di Indonesia. Di Jepang jemuran berbentuk segi empat terbuat dari besi atau plastik. Jemuran segi empat ini di setiap sisi ada jepitannya, jadi jemur bajunya pada ujung-ujung baju, dijepit dari sisi kiri dan sisi kanan. Cara jemur seperti ini ternyata tidak membuat baju terlalu kusut. Lalu setelah kering, langsung dari jemuran itu dilepas jepitannya, langsung dilipat dan dimasukkan ke lemari. Lebih praktis kan?

Kalaupun tidak sempat mencuci, mereka bisa langsung menggunakan jasa laundry. Jadi, memang tidak memerlukan pembantu rumah tangga untuk mencuci dan menyetrika.
 
3. Rumah sederhana dengan perabot yang tidak banyak

Di Jepang rata-rata model rumah atau apartemennya tidak terlalu besar, dan tidak terlalu banyak perabot, sehingga lebih praktis untuk beres-beres. Bagaimana dengan rumah kita? Ada berapa banyak perabot di rumah kita? Berapa banyak piring, gelas, wajan, panci yang kita miliki?

Nah, itulah beberapa rahasia mengapa ibu rumah tangga di Jepang bisa tidak menggunakan jasa pembantu untuk mengerjakan segala pekerjaan domestik. Bisa ditiru nggak nih kira-kira?
 
Foto ilustrasi : Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});