Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Tumbuh Kembang
  4. /
  5. Hujan Terus-Menerus, Kasur Kena Ompol Bayi? Ini Solusinya

   Rubrik : Tumbuh Kembang

Hujan Terus-Menerus, Kasur Kena Ompol Bayi? Ini Solusinya

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 644 Kali

Hujan Terus-Menerus, Kasur Kena Ompol Bayi? Ini Solusinya
Hujan Terus-Menerus, Kasur Kena Ompol Bayi? Ini Solusinya

Buat Sahabat Ummi yang memiliki anak kecil yang masih memiliki kebiasaan mengompol, pasti kerepotan mengeringkan kasur di musim hujan seperti sekarang ini. Jangankan kasur, pakaian-pakaian saja banyak yang tidak kering saat dijemur di musim hujan. Lalu, bagaimana solusinya jika kasur basah terkenal ompol si kecil?

Untuk mengeringkan kasur yang basah di musim hujan, cara mudahnya dengan mengangin-anginkan dengan menggunakan hair dryer di bagian kasur yang terkena ompol si kecil sampai kering.

Biasanya setelah kering, kasur meninggalkan noda dan bau yang sulit untuk dihilangkan kecuali dengan sabun. Karena musim hujan, cara efektif untuk meghilangkan noda dan bau ompol pada kasur, Sahabat Ummi bisa gunakan soda kue, alkohol, atau bedak bayi.

Jika menggunnakan soda kue, caranya larutkan soda kue dengan air. Lalu ambil kain bersih kemudian celupkan ke dalam larutan baking soda. Selanjutnya, tinggal kita lapkan kain basah untuk membersihkan noda bekas ompol. Jika tempat tidurnya busa atau kapuk, maka pada saat membersihkan perlu sedikit menekan agar larutan masuk dan dapat menghilangkan bau ompol di dalam kasur. Setelah semua selesai, tinggal dikeringkan dengan mengelapkan kain baru yang masih kering atau gunakan hair dryer.

Jika dengan alkohol. Alkohol memang sering dipakai untuk menghilangkan bau, cukup percik-percikan cairan alkohol berkadar 70% ke kasur yang bau ompol. Lap dengan menggunakan kain basah untuk menghilangkan noda ompol. Lalu tinggal keringkan.

Jika dengan bedak bayi, Sahabat Ummi bisa menaburkannya ke bagian yang bau ompol. Diamkan mungkin sekitar 1 jam agar bedak dapat menyerap bau. Lalu tinggal bersihkan bedak bayi yang menempel dengan vacuum cleaner. Namun selain dengan menggunakan bedak bayi, bisa menggunakan maizena ataupun sejenis tepung lainnya.

Pasti Sahabat Ummi pernah mendengar pepatah “mencegah lebih baik daripada mengobati”, bukan? Nah, untuk berjaga-jaga agar si kecil tak lagi mengompol di kasur, berikut adalah tipsnya.

  1. Pakaikan diapers pada si kecil sebelum tidur.
  2. Lapisi kasur dengan lapisan anti air sehingga jika ada yang mengompol tidak akan sampai membasahi kasur.
  3. Ajari anak untuk membuang air sebelum tidur agar ia tidak mengompol saat tidur. Selain itu, hindari memberikan minuman padanya sebelum tidur.

Semoga tips di atas dapat membantu Sahabat Ummi yang mempunyai keluhan sama seperti di atas. Selamat mencoba!(Cucu Rizka Alifah)

Sumber: artikel(dot)rumah123(dot)com dan berbagai sumber

Ilustrasi: Google

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});