Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Fikih Wanita
  4. /
  5. Adakah Batasan Suami dalam Menafkahi Istri

   Rubrik : Fikih Wanita

Adakah Batasan Suami dalam Menafkahi Istri

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 4303 Kali

Adakah Batasan Suami dalam Menafkahi Istri
Adakah Batasan Suami dalam Menafkahi Istri?

Sahabat Ummi, Islam adalah agama yang luas. Islam membahas berbagai hal mengenai permasalahan dunia, termasuk pernikahan, baik perkenalan sebelum menikah (taaruf), proses menikah maupun permasalah saat menikah, seperti besaran nafkah suami yang diberikan kepada istri.

            Menafkahi istri hukumnya adalah wajib. Tapi, seringkali terjadi adu mulut antara suami dan istri mengenai besaran nafkah yang harus diberikan suami. Lalu, bagaimanakah pandangan Islam mengenai hal ini?

            Seperti yang dijelaskan pada Surah An-Nisa ayat 233 yang berbunyi:

Dan kewajiban ayah (suami) untuk memberi rizqi (nafkah) dan pakaian kepada ibu (istri) secara makruf. (QS. An-Nisa’ :  233).

                 Ayat ini menjelaskan bahwa kewajiban suami memberi nafkah kepada istri ialah makruf. Makruf merupakan perbuatan baik yang bernilai ibadah dan sesuai dengan syariat Islam. Makruf juga bisa diartikan sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan yang dimaksud ialah kebutuhan masing-masing tiap keluarga.

                 Ketika suami menganggap nafkah yang ia beri pada istri sudah cukup, padahal ia memiliki harta yang lebih. Kebutuhan sehari-hari saat ini juga secara kasat mata memang tak terlihat nilainya, namun jika dijalani memang sangat banyak. Untuk itu, seringkali istri mengeluh jika suami pelit memberikan nafkah.

                 Sebagian suami merasa bahwa nafkah yang diberikan kepada istrinya mungkin lebih sedikit jika dibandingkan dengan suami tetangga, tetapi karena istri pandai mengelolanya, nafkah yang sedikit cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

                 Sebagian suami lainnya ada yang merasa telah cukup menafkahi keluarga, namun istrinya masih merasa kurang dan terus menuntut agar suaminya lebih keras dalam bekerja.

                 Ukuran nafkah antara seorang suami dengan suami yang lainnya sangat mungkin berbeda. Intinya, ukuran nafkah sesuai dengan kemampuan masing-masing. Mengenai kewajiban memberikan nafkah sesuai dengan kemampuan suami, Allah Ta’ala berfirman pasa Surah Ath-Thalaaq ayat ke 7 yang berbunyi:

Hendaklah orang yang mampu  memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sekedar apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.” (Ath-Thalaaq [65]: 7).

                 Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi penjelasan:

Engkau memberinya makan jika engkau makan, memberinya pakaian jika engkau berpakaian, tidak memukul wajahnya, tidak menjelek-jelekkannya, dan engkau jangan mendiamkannya kecuali di dalam rumah (tidak boleh memindahkan istrinya ke tempat lain, kemudian mendiamkannya di tempat tersebut).”

            Sesuai dengan kemampuan suami, maksudnya adalah suami diwajibkan memberikan nafkah kepada istrinya sesuai dengan kelapangan rezeki yang Allah berikan kepadanya. Ukuran kemampuan itu merupakan hasil yang paling maksimal dari usaha yang maksimal pula. Dengan usaha yang sungguh-sungguh sesuai kemampuan terbaiknya, suami akan mampu memenuhi kebutuhan nafkah keluarganya.

Selain kebutuhan dan kemampuan, besaran nafkah bisa diberikan sesusai kesepakatan suami dan istri. Banyak ulama dan ahli agama yang menyebutkan jika nilai dari nafkah itu tergantung kesepakatan masing-masing, namun banyak suami yang tidak mau tahu urusan keperluan keluarga yang sangat banyak. Berikut beberapa pendapat ulama mengenai besaran nafkah sesuai kesepakatan masing-masing:

  1. Memberi nafkah pada istri secukupnya

Mazhab Hanafiyah, Malikiyah dan sebagian As Syafi’iyah dan sebagian madzab Hanabilah berpendapat bahwa tidak ada standarisasi pemberian nafkah pada istri mengenai besarannya, maka mereka berpendapat jika dikembalikan pada unsur kepantasan atau kecukupan saja. Menurut mereka hal ini juga termasuk penerjemahan dalam surat Al Baqarah ayat 233 mengenai “memberi nafkah istri dengan nilai makruf” yang mereka maknai dengan kata “secukupnya” atau “sepantasnya” atau kurang lebih sewajarnya.

  1. Pemberian nafkah dengan ukuran bahan makanan pokok

Mazhab Asy-Syafi’iyah secara muktamad, dan juga pendapat Al Qadhi dari kalangan Mazhab Hanabilah mengatakan bahwa jika ukuran pemberian nafkah adalah ukuran bahan makanan pokok yang diberikan perhari suami pada istri.

  1. Kadar ukuran nafkah ditentukan oleh negara

Ulama bermazhab Asy-Syafi’iyah menganut pendapat bahwa jika disamakan dengan zaman sekarang, seperti memberikan UMR (Upah minimum regional) yang ditetapkan oleh pemerintah pada para pengusaha.

  1. Pemberian nafkah berdasarkan tradisi yang berlaku disuatu tempat

Sebagian ulama Syafi’iyah menganut pendapat bahwa mungkin saja, ada perbedaan dalam menetapkan besaran nafkah di beberapa daerah. Misalnya dalam satu tempat memiliki aturan jika suami harus menyerahkan seluruh penghasilannya untuk istri, maka berlakulah hal itu ditempat tersebut, namun berbeda pula ditepat lain.

Sahabat Ummi, polemik besaran nafkah bukanlah suatu hal rumit. Pasangan suami istri bisa merundingkan mengenai hal ini di awal menikah, apakah ingin berdasarkan kebutuhan, kemampuan, atau kesepakatan. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});