Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Womenpreneur
  4. /
  5. 15 Hal Ini Membuat Bisnis MLM Haram

   Rubrik : Womenpreneur

15 Hal Ini Membuat Bisnis MLM Haram

  Ditulis Oleh Anisa K.J Dibaca 7021 Kali

15 Hal Ini Membuat Bisnis MLM Haram
15 Hal Ini Membuat Bisnis MLM Haram

Sahabat Ummi, Multi Level Marketing atau sering kita kenal dengan MLM adalah sebuah bisnis berdasarkan produk atau jasa yang terjual, piramidanya merupakan rantai distributor yang tidak ada habisnya yang mana "produk" dijadikan sebuah kesempatan untuk merekrut (Koehn, 2001). Bisnis ini memanfaatkan downline  sehingga menjadi sebuah ladang bisnis bagi banyak ibu rumah tangga dan anak muda dikarenakan pekerjaannya tidak membutuhkan ijazah atau keterampilan khusus, namun hanya bermodalkan sedikit/banyak uang, keinginan untuk  belajar serta ingin sukses akan dapat menghasilkan sesuatu. Kontroversi mengenai keharaman bisnis MLM terkadang masih kurang jelas dari beberapa aspek sehingga membuat partisipannya bingung. Apa saja sih kriteria yang menjadikan bisnis MLM ini haram atau mendekati syubhat? berikut poin-poinnya:

1. Perekrut downline terbaru  akan kehilangan uang partisipasi mereka jika tidak dapat menemukan orang lain untuk bergabung ke dalam bisnis mereka.

2. Tidak tertulis persetujuan antara perusahaan dengan partisipan.

3. Bisnis hanya fokus pada rekruitmen anggota dibandingkan dengan menjual produk yang menguntungkan bagi masyarakat.

4. Pendapatan utama perusahaan berasal dari partisipan yang membayar sejumlah biaya atau uang oleh downline dibandingkan dengan pendapatan dari produk yang dijual.

5. Partisipan harus membeli minimum atau produk khusus dari perusahaan atau membayar minimum rata-rata supaya dapat menikmati bonus atau keuntungan lain yang berasal dari downline atau penjualan pribadi.

6. Partisipan harus menerapkan "inventory front-loading", yakni dimana perusahaan MLM memerlukan partisipan untuk membeli sejumlah persediaan barang tak masuk akal karena barang persediaan tersebut tidak dapat dijual kembali atau digunakan dalam  jumlah yang masuk akal pada waktu tertentu (Barbener, 2013).

 

Baca juga: Halal Haram Bisnis MLM

 

7. Tingkat keanggotaan atau membership dapat dibeli dengan uang. Pada bisnis MLM, para member dipromosikan berdasarkan pengalaman kerja mereka dalam menghasilkan penjualan atau melatih para downlinenya.

8. Sistem reward yang kaku dan tidak adil berdasarkan struktur hirarki dan ada larangan dari tingkat partisipan untuk menghasilkan lebih banyak daripada uplinenya meskipun ia sudah bekerja lebih keras untuk menghasilkan penjualan lebih banyak dibandingkan sebelumnya.

9. Tidak ada persetujuan yang jelas.

10. Waktu terbatas yang diberikan paa konsumen untuk mengevaluasi produk setelah penjelasan yang diberikan oleh para penjualan.

11. Para partisipan tidak diberikan pilihan mengenai jenis dan kuantitas produk yang dibeli dan mereka hanya dapat membeli dalam jumlah pengemasan yang sudah jadi.

12. Sulitnya penjualan melibatkan tingkat pemaksaan yang tidak diinginkan oleh para konsumen.

13. Beberapa partisipan mungkin membeli barang dalam jumlah besar dengan seluruh harga penjualan diharapkan dapat memperoleh keuntungan yang dijual pada harga eceran, namun mereka tidak memiiki strategi perencanaan bisnis  terpercaya

14. Pembelian barang tidak realistis atau tidak didasarkan konsumsi sebenarnya dan kemampuan partisipan untuk menjual barang-barang tersebut

15. Ada perusahaan MLM yang berjanji memberikan reward tetap dalam bentuk komisi atau bonus tanpa ada usaha adalah bertentangan dengan prinsip syariah dan dianggap sebagai elemen yang berisikan riba.

Referensi:

1. Duriat, F.M,.  (2014),  "Multi-Level Marketing In Islam  &Case Study of Young Living in Singapore".

Foto ilustrasi: google

 

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});