Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Finance
  4. /
  5. Persiapkan Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah

   Rubrik : Finance

Persiapkan Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 697 Kali

Persiapkan Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah
Persiapkan Hal Ini Sebelum Renovasi Rumah

Bagi Sahabat Ummi yang bosan dengan tampilan rumah dan ingin mencari suasana baru, mungkin inilah saatnya untuk melakukan renovasi. Renovasi rumah bukanlah suatu perkara mudah, banyak hal yang harus diperhatikan dan disiapkan terlebih dahulu. Berikut hal-hal yang perlu disiapkan sebelum renovasi rumah:

1. Tetapkan Anggaran
Ini adalah hal pertama yang wajib disiapkan sebelum renovasi. Tetapkanlah anggaran yang ingin dan perlu dikeluarkan agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan renovasi rumahmu nanti. Kemudian, lakukanlah survey harga dengan mendatangi toko-toko bangunan dan mengecek barang atau furniture apa yang ingin kamu ganti atau butuhkan.

2. Persiapkan Dana Cadangan
Persiapkanlah dana cadangan sekitar 30 persen dari jumlah keseluruhan biaya renovasi yang nanti dikeluarkan.

3. Persiapkan Sumber Dana
Sebelum renovasi, usahakan untuk memiliki tabungan sebagai sumber dana, hal ini penting untuk menghindari berhutang. Tapi, bila kondisi renovasi rumah sudah mendesak, sementara kamu belum memiliki sumber dana yang cukup, maka tak ada salahnya mengajukan pinjaman ke bank atau meminjam uang dengan saudara atau kerabat.

4. Pembagian Anggaran
Setelah mendapatkan sumber dana, lakukanlah pembagian anggaran dengan tepat dan efisien. Hindari boros dan mengeluarkan anggaran dari perencanaan awal yang sudah ditetapkan.

5. Rencanakan Waktu
Tetapkanlah waktu yang tepat untuk renovasi. Biasanya, kamu memerlukan untuk mengontrak rumah lain atau singgah di rumah sanak saudara saat rumah sedang di renovasi. Jadi, kamu harus menetapkan waktu renovasi dari jauh-jauh hari.

6. Singkirkan Barang Tidak Berguna
Saat renovasi rumah, kamu perlu mengosongkan rumah dari segala barang atau furnitur yang dimiliki. Pastikan kamu telah memilah-milah barang yang ingin disimpan atau ingin dibuang dari jauh hari agar tidak menyibukkan di waktu menjelang renovasi rumah. Sahabat Ummi dapat membuang barang-barang yang sudah tidak diperlukan atau menjualnya kembali di pasar loak.

7. Simpan Barang yang Berguna
Saat kamu memilah-milah barang yang dimiliki di rumah, kamu pasti juga akan menemukan barang-barang yang memiliki arti dalam hidup yang mungkin sudah lama tidak tersentuh. Kamu dapat membersihkannya dan menyimpannya di tempat yang baik dan aman sampai saat renovasi rumah selesai.

8. Serahkan kepada yang Profesional
Hubungilah seorang desainer interior yang mungkin kamu atau kerabatmu kenal. Kamu dapat mencari referensi desain renovasi rumah dari internet atau rumah kerabat. Sampaikanlah keinginan bentuk renovasi rumahmu dengan anggaran tertentu kepada desainer interior yang sudah kamu pilih.

Itulah 8 hal yang perlu Sahabat Ummi siapkan sebelum melakukan renovasi rumah. Perlu diketahui bahwa kurangnya persiapan dalam renovasi rumah  dapat mengakibatkan hal yang sangat fatal bagi keberadaan rumah tersebut. Oleh karena itu, segala sesuatunya perlu dipersiapkan lebih matang. Jangan sampai biaya renovasi rumah menjadi jauh lebih besar dari anggaran yang disiapkan, mungkin saja rumah tersebut tidak dapat dihuni lagi karena terhenti ditengah jalan yang disebabkan renovasi tidak selesai. (Dina Nazhifah)

Sumber: lifestyle(dot)liputan6(dot)com
Ilustrasi: Google

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});