Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Pasutri
  4. /
  5. Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat Persalinan di Rumah Sakit

   Rubrik : Pasutri

Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat Persalinan di Rumah Sakit

  Ditulis Oleh miyosimiyo Dibaca 2196 Kali

Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat Persalinan di Rumah Sakit
Perlengkapan yang Perlu Dibawa Saat Persalinan di Rumah Sakit

Sahabat Ummi, persalinan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Agar momen tersebut tidak terganggu hanya karena alasan sepele, maka kita perlu mempersiapkannya. Dan, salah satu bagian yang perlu dipersiapkan itu adalah perlengkapan yang akan kita bawa. Dengan asumsi, kita melahirkannya di rumah sakit.

Perlengkapan yang komplit akan membuat hati tenang, lebih-lebih jika jarak rumah kita dan rumah sakit cukup jauh. Pun sebaliknya, perlengkapan yang asal-asalan hanya akan menyulitkan dan menambah emosi ibu baru yang kondisi fisiknya belum pulih benar.

Lalu, apa saja perlengkapan yang perlu dibawa saat persalinan di rumah sakit?

  1. Gamis atau daster atau baju (plus bawahan yang longgar) yang berkancing depan agar tidak susah jika ingin menyusui. Bawa sekitar 3-5 dengan asumsi kita berada di rumah sakit sekitar 2 - 3 hari.
  2. BH dan celana dalam. Dua item tersebut sebaiknya dibawa sebanyak-banyaknya, yaa kurang lebih 7 - 10 lah ya mengingat setelah lahiran kita pasti nifas dan menyusui. Enggak enak juga kan kalau pakai "daleman" kotor atau keringetan.
  3. Jilbab secukupnya yang warnanya netral atau bisa dipadupadankan dengan semua warna gamis/daster/pakaian/baju. Jadi, kita enggak usah terlalu banyak bawa jilbab, cukup 2 - 3.
  4. Gurita untuk ibu. Ini opsional. Kita bisa pakai atau enggak tergantung keinginan walau sebaiknya sih pakai biar perut enggak terasa jatuh.
  5. Pembalut. Meskipun di rumah sakit sudah disediakan, tapi alangkah baiknya jika kita juga bawa sendiri sebanyak-banyaknya agar nyaman.
  6. Peralatan mandi dan kosmetik secukupnya. Tujuannya agaar badan kita segar dan enggak stress.
  7. Gendongan bayi. Ini juga opsional karena ada ibu baru yang lebih suka gendong pakai tangan dibandingkan dengan kain.
  8. Diapers untuk bayi. Di rumah sakit memang sudah diberi gratis, tapi tidak ada salahnya jika kita juga bawa sendiri.
  9. Pakaian bayi untuk pulang. Di rumah sakit juga sudah diberi baju bayi biasanya, tapi enggak buat pulang. Jadi, kita mesti bawa sendiri.
  10. Printilan-printilan kecil yang tidak terpikirkan padahal penting: charger HP, kresek untuk tempat pakaian kotor, minyak telon yang bisa buat ibu juga bayi, dokumen penting (KTP,  KK, dan buku nikah) untuk keperluan pembuatan akta atau surat lahir (tidak semua rumah sakit memberi fasilitan pembuatan akte kelahiran), dan pakaian yang nunggu secukupnya (siapa yang nungguin kita? suami, orangtua, atau saudara).

Bagaimana, Sahabat Ummi? Tidak perlu ribet atau rieweh dengan membawa semuaa perlengkapan, ya. Toh di rumah sakit juga enggak lama. Tapi bukan berarti enggak punya persiapan apa-apa dan pasrah begitu saja. Selamat menantikan kehadiran buah hati, ya. Semoga dimudahkan!

 

Profil penulis:

Miyosi Ariefiansyah alias @miyosimiyo adalah istri, ibu, penulis, dan pembelajar. Rumah mayanya ada di www.rumahmiyosi.com

 

 

 

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});