Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Berita Islam Internasional
  4. /
  5. FOKMA Malaysia Belajar Public Speaking bersama Direktur majalah Ummi dan pimred Annida

   Rubrik : Berita Islam Internasional

FOKMA Malaysia Belajar Public Speaking bersama Direktur majalah Ummi dan pimred Annida

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 1734 Kali

FOKMA Malaysia Belajar Public Speaking bersama Direktur majalah Ummi dan pimred Annida
FOKMA Malaysia Belajar Public Speaking bersama Direktur majalah Ummi dan pimred Annida

Sebagai seorang muslimah, ketrampilan berbicara di depan umum di segala kondisi menjadi hal penting dan perlu dipersiapkan.

Untuk itu, Forum Komunikasi Muslimah Indonesia di Malaysia (FOKMA) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur, Malaysia mengadakan seminar dengan judul Peran Komunikasi menjadikan Muslimah Anggun, Cerdas dan Percaya diri.

Acara dalam bentuk seminar tersebut diadakan di aula Hasanuddin KBRI Kuala Lumpur pada hari Senin tanggal 1 Mei 2017. Yang dibuka secara resmi oleh Trigustono Supriyanto selaku minister counsellor fungsi penerangan sosial dan budaya KBRI Malaysia yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) ibu Dian Prihandini. Seminar menjadi semakin meriah, karena menghadirkan hiburan berupa tarian Ranub lampuan dan drama dari FOKMA cabang Sungai Way serta Shalawat Marawis dari FOKMA cabang Selangor.

Dra Hj Dwi Septiawati selaku direktur Ummigroup Media dan Syamsa Hawa (Shinta Dewi Indriani, S.Hum) sebagai pimpinan redaksi Annida didaulat menjadi narasumber. Seminar terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama tentang membangun rasa percaya diri dengan komunikasi yang efektif yang disampaikan oleh bu Dwi. Public speaking: Kuasai teknik berbicara dalam segala situasi oleh Syamsa Hawa disampaikan dalam sesi kedua. Dan pada sesi terakhir dilakukan praktek public speaking dan sharing session dari kedua narasumber.

Syamsa Hawa berbagi tips kepada peserta seminar tentang bagaimana melatih berbicara di publik bagi pemula. Diantara tips tersebut adalah belajar dengan berbicara sendiri di depan cermin, berdiri di depan kaca, merekam penampilan presentasi, meminta masukan dari teman, dressed up atau berpenampilan yang sesuai dan gladiresik.

Syamsa Hawa menyampaikan juga tentang pentingnya berkomunikasi dari hati. Banyak pembicara hebat dalam berbicara di depan publik tanpa menggunakan teks seperti Nelson Mandela dan Soekarno. Hal itu dikarenakan mereka menyampaikan pidato mereka dengan hati.

Bu Dwi menambahkan bahwa untuk berbicara di depan umum, tidak memerlukan keahlian dengan latar belakang khusus. Semakin sering berbicara di depan publik maka keahlian komunikasi akan semakin terasah. Kepercayaan diri juga akan tumbuh seiring dengan tingkat persiapan dan jam terbang berbicara di depan umum.

Begitu menariknya materi yang disampaikan, membuat para peserta seminar terlihat antusias mengikuti acara dari pagi hingga sore hari. Acara yang berlangsung dari pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore tersebut berlangsung dengan lancar. 400 orang peserta adalah muslimah Indonesia yang berada di Malaysia dari kalangan mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga dan para pekerja.

Semoga seminar FOKMA tahun ini memberikan manfaat bagi muslimah dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri dan ketrampilan berkomunikasi para muslimah Indonesia.

 

Yuni Yulia Farikha (Humas FOKMA)

Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});