Tentang Ummi  /   Kontak  /   Iklan  /   Berlangganan  /   Agen
  1. Beranda
  2. /
  3. Quran
  4. /
  5. Adab Masuk ke Pasar Atau Mall

   Rubrik : Quran

Adab Masuk ke Pasar Atau Mall

  Ditulis Oleh Administrator Dibaca 2092 Kali

Adab Masuk ke Pasar Atau Mall
Adab Masuk ke Pasar Atau Mall

Sahabat Ummi, pasar merupakan tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli. Hal inilah yang menjadikan pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern atau mall selalu ramai dikunjungi. Tetapi, dibalik ramai dan manfaatnya tempat ini, sangat memungkinkan terjadinya perbuatan dosa, kezaliman serta kecurangan yang ada di dalamnya. Untuk menghindari perbuatan-perbuatan buruk tersebut, Islam mengajarkan kepada umat Muslim mengenai adab yang harus dilakukan ketika memasuki pasar atau mall, yakni sebagai berikut:

1. Berdzikir

Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda,

مَنْ دَخَلَ السُّوقَ فَقَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ كَتَبَ اللَّهُ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَمَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَرَفَعَ لَهُ أَلْفَ أَلْفِ دَرَجَةٍ

Barangsiapa masuk pasar lalu ia mengucapkan: “Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan, bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan. Dia-lah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu,” niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta keburukan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat.” (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim).

Tidak dipungkiri bahwa pasar merupakan pusatnya semua kebutuhan dunia yang menggiurkan, dan bisa melalaikan dari dzikir dan niat baik. Hal ini terbukti dengan banyaknya orang yang lalai dan lengah dari dzikir serta ucapan atau perbuatan baik dan adanya banyak kedustaan di dalamnya. Dengan berdzikir, Sahabat Ummi akan dijauhkan dari kelalaian dan dosa-dosa tersebut.

2. Tidak berlama-lama

Alangkah lebih untuk tidak berlama-lama di dalam pasar. Sebab di dalamnya terdapat maksiat, kecurangan, penipuan, perbuatan sia-sia, dan amalan kebaikan yang sangat sedikit. Terdapat pula wanita atau laki-laki yang memamerkan dirinya dengan berbagai jenis pakaian dan perhiasan. Oleh karena itu, Rasulullah bersabda,

لا تكونن إن استطعت أول من يدخل السوق ولا آخر من يخرج منها فإنها معركة الشيطان وبها ينصب رايته

Jika anda mampu, janganlah menjadi orang yang pertama kali masuk pasar, dan jangan pula jangan menjadi yang terakhir keluar darinya, sebab pasar adalah tempat perangnya syaithan, disanalah ia menancapkan benderanya.” (HR Muslim : 2451).

3. Menjaga Akad

Ingatlah untuk selalu menjaga atau memenuhi akad dan janji serta kesepakatan di antara dua belah pihak, antara pembeli dan penjual. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman, penuhilah akad-akad itu.” (Al-Ma’idah : 1).

4. Masuk Karena Kebutuhan

Hendaknya tidak memasuki pasar atau mall kecuali adanya suatu kebutuhan. Hal ini dilakukan agar bisa menghindari dan menjauhkan diri dari berbagai macam dosa dan kezaliman. Rasulullah bersabda,

من حسن إسلام المرء تركه ما لايعنيه

Merupakan kebaikan islam seseorang adalah meninggalkah sesuatu yang tidak bermanfaat baginya.” (HR Tirmidzi : 2318 , Ibnu Majah : 3976, dan Ahmad : 1732).

5. Ramah

Bersikaplah ramah dan memberikan kemudahan di dalam proses jual beli. Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda, “Allah akan belas kasih kepada seorang hamba yang ramah apabila menjual, ramah apabila membeli dan ramah apabila memberikan keputusan.” (HR. Al-Bukhari).

Itulah 5 adab ketika memasuki pasar atau mall. Semoga setelah mengetahui adab ini, Sahabat Ummi dapat mengamalkan dengan baik sehingga bisa menjadi amalan ibadah sunnah. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang dijauhkan dari keburukan pasar. Aamiin. (Dina Nazhifah)

Sumber: konsultasisyariah.com dan berbagai sumber
Ilustrasi: Google

 


Yuk, ikutan Tebar Wakaf Qur'an untuk para santri Penghafal Qur'an.
Donasi Rp 100.000,- Disalurkan untuk Lembaga Penghafal Qur'an
Transfer ke Bank BCA 5800.144.096 atas nama Yayasan Insan Media Peduli
Konfirmasi : 0857 1549 5905 (Purnomo)


loading...


Tag :


Mau Berlangganan MAJALAH UMMI CETAK hubungi 081546144426 (bisa via whatsapp).

Komentar

 

 

Top
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});