Waspada, Kikir Dapat Menyebabkan Kehancuran!

0 739

Kikir dapat menyebabkan kehancuran – Sahabat Ummi, sudahkah secara rutin menyiapkan sebagian dari rezeki yang diperoleh untuk diberikan kepada yang membutuhkan? Atau apakah kita masih sulit untuk bersedekah meskipun sebenarnya mampu? Jika Sahabat Ummi termasuk orang yang mampu namun belum juga melaksanakan perintah bersedekah, coba tanyakan kepada diri sendiri. Hal apakah yang sebenarnya memberatkan diri dari bersedekah? Karena takut miskin? Karena belum tahu perintah bersedekah? Atau jangan-jangan memang hatinya sudah dikunci mati oleh Allah, sehingga tak bergeming atau memiliki belas kasih untuk membantu orang lain yang sedang kesulitan?

Rasulullah sendiri mengajarkan kita untuk senantiasa bersegera dalam bersedekah. Rasul tidak pernah mau menyimpan harta yang dimilikinya meskipun hanya semalam. Selagi masih ada kesempatan pasti Rasulullah akan segera memberikan atau menyedekahkan harta yang dimilikinya kepada orang lain yang memang lebih membutuhkan pertolongan.

Abu Hurairah dari Nabi Shallallahu’alaihiwasallam, beliau bersabda; “Sekiranya aku mempunyai emas sebesar gunung Uhud, sungguh aku pun tetap berkeinginan untuk tidak mempunyai tiga dinar padahal aku masih mempunyai satu dinar, itupun tak ada alasan bagiku untuk mencarinya selain karena ada hutang yang harus kubayar, yang kuharap ada orang menerima pembayaran hutangku.” (HR Bukhari No 6687). Setiap perbuatan pasti akan mendapatkan ganjaran.Allah mencintai orang yang gemar bersedekah dengan menjanjikan pahala di sisi-Nya. Allah juga membenci sifat kikir karena sifat tersebut dapat menyebabkan kehancuran bagi pelakunya.

Waspada, Kikir Dapat Menyebabkan Kehancuran

Dari Jabir bin ‘Abdullah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Hindarilah kezhaliman, karena kezhaliman itu adalah mendatangkan kegelapan pada hari kiamat kelak! Jauhilah kekikiran, karena kekikiran itu telah mencelakakan (menghancurkan) orang-orang sebelum kalian yang menyebabkan mereka menumpahkan darah dan menghalalkan yang diharamkan.” (HR Muslim No 4675). Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita melaksanakan apa yang sudah Allah perintahkan dan Rasulullah ajarkan kepada kita. Jangan menahan diri atau mencari banyak alasan hanya agar diri terbebas dari ibadah istimewa yang satu ini.

Bersedekah segera jika memang dirasa diri sudah mampu melaksanakannya. Karena hanya kita sendiri yang dapat mengetahui apakah kita memang sudah harus bersedekah atau tidak. Dan pada dasarnya, sedekah bukanlah inbadah yang diperintahkan untuk dilakukan hanya oleh orang yang kaya harta. Orang yang tidak banyak harta pun sangat boleh melakukannya.

Demikian artikel kikir dapat menyebabkan kehancuran, semoga dengan bersedekah kita dapat terhindar dari kehancuran sebagaimana umat terdahulu.

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.