Tips Mengatasi Kelelahan Istri

0 19

Sahabat ummi, sering kita jumpai keluhan beberapa orang di media sosial tentang kelelahan dalam beraktivitas. Bahkan tak jarang para ibu rumah tangga menjadi “drama queen” yang seolah-olah sangat lelah dengan keadaan serta rutinitasnya.

Lebih mengkhawatirkan lagi ketika masalah “merasa paling lelah” ini sering menjadi sumber pertengkaran dengan pasangan. Sang istri merasa sangat lelah dengan pekerjaan rumah yang tiada henti. Tentang anak-anak, membersihkan rumah juga tugas harian lainnya yang mampu menguras energi sang istri.

Banyak kita jumpai keluhan istri tanpa asisten rumah tangga yang merasa segalanya harus dilakukan sendiri. Pada akhirnya pola pikir seperti ini mampu mengganggu keharmonisan bersama pasangan.

Bagi istri yang bekerja pun tak jauh berbeda. Ketika pulang ke rumah dalam keadaan lelah ditambah tugas sebagai ibu rumah tangga tetap harus terlaksana.

Lalu bagaimana agar keadaan seperti ini tidak terus berlanjut? Berikut tips untuk mengatasinya:

1. Berpikir positif

Kekuatan mental seseorang dapat lebih meningkat jika disertai dengan berpikir positif dalam segala hal. Perbaiki semangat setiap harinya.

2. Tanamkan kesadaran diri

Sadari bahwa ini sudah menjadi tugas dalam berumah tangga. Jika senantiasa ikhlas menjalaninya maka insyaalloh bernilai ibadah.

3. Berempati pada pasangan

Terlalu fokus pada kelelahan diri bisa jadi akan memicu perdebatan tentang kelelahan. Tiap orang mempunyai kelelahan tersendiri. Sang istri merasa lelah karena rutinitas harian, sedangkan suami tak kalah lelah karena pekerjaan kantor bahkan lelah menghadapi kemacetan di perjalanan.

 

Baca juga: Inilah Ciri-ciri Kelelahan Istri yang Sering Tidak Diketahui Suami

 

4. Membangun komunikasi yang baik

Komunikasi adalah hal yang tak kalah penting dalam berumah tangga. Pilih waktu yang tepat untuk berbicara.

5. Membantu saat ada kesempatan

Tidak ada salahnya jika seorang suami membantu pekerjaan istri saat ada waktu luang atau hari libur. Maka istri pun dapat membantu meringankan kelelahan suami.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membangun pengertian bersama pasangan. Rumah tangga senantiasa harmonis jika dibangun atas dasar ibadah dan saling pengertian.

Foto ilustrasi: Google

Profil penulis:

Hindun Uswatun Nisa. Seorang ibu rumah tangga asal Kota Tasikmalaya. Menulis adalah sarana untuk menasehati diri dan melatih kepekaan.

 

 

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.