Tips Aman Saat Ditinggal Suami Tugas Luar Kota

By | August 27, 2015

Tips Aman Saat Ditinggal Suami Tugas Luar Kota. Simak selengkapnya…

Sahabat ummi, pasti nyaman dan aman ya kalau suami berada di rumah. Kita merasa terlindungi meski suami menjaga keluarga kita bukan dengan senjata. Namun, tetaplah tak bisa dihindari jika suami harus pergi meninggalkan keluarga karena dinas luar kota atau memang pekerjaan suami mengaharuskan meninggalkan rumah dalam jangka waktu hitungan bulan. Tips di bawah ini semoga bisa membantu Sahabat Ummi untuk tetap aman saat suami tidak berada di sisi kita, sehingga tak perlu ronda malam untuk terus terjaga sepanjang malam.

  1. Jangan memberi tahukan tentang kepergian suami kita untuk dinas luar kota pada orang lain

Hati-hati juga membuat status di sosial media, jangan sampai ada orang yang berniat jahat dengan mengetahui tidak ada suami di rumah kita.

  1. Memastikan rumah dan semua akses masuk sudah terkunci

Khususnya jika waktu sudah menginjak malam, pastikan semua akses masuk telah aman. Bila perlu bisa juga untuk menambahkan kunci gembok atau alarm yang akan otomatis menyala jika pintu terbuka.

  1. Dekatkan alat komunikasi saat kita tidur

Usahakan mendekatkan alat komunikasi di dekat kita dalam jarak aman, misalnya di meja dekat dipan. Setidaknya jika ada apa-apa kita bisa langsung menghubungi saudara atau tetangga atau bahkan petugas keamanan dengan segera. Jangan meletakkan terlalu dekat dengan kita, misalnya di bawah bantal

  1. Nyalakan semua lampu atau buat suasana seperti biasa saat ada orang

Jangan membuat perbedaan penerangan baik saat ada suami di rumah atau tidak di rumah.

  1. Jika perlu bikin percakapan ketika mendengar suara aneh di dekat rumah

Misal, “Yah, tadi jaketnya ditaruh di mana?” buat suara sekencang mungkin agar seolah memang ada suami kita di rumah, dan jika memang ada orang yang mendekat rumah kita ingin berniat jahat, hal tersebut akan membuat mereka berpikir ulang.

  1. Siapkan lampu emergency jika sewaktu-waktu lampu padam karena memang ada pemadaman atau karena ulah iseng orang asing dan pastikan kita bisa menjangkau lampu saat padam. Atau tautkan lampu emergency pada saklar dalam posisi on, jika sewaktu-waktu lampu padam, maka emergency lamp otomatis akan menyala.
  2. Jika perlu jaga-jaga dengan tongkat pemukul atau semprotan yang jika memang ada orang berniat iseng dan sudah di depan mata kita, kita masih ada ruang yang menghindarkan orang tersebut melakukan kontak fisik langsung dengan kita.
  3. Bisa memberi tahukan hal keberadaan kita pada tetangga dekat atau saudara atau tetangga yang kita percayai untuk berjaga-jaga jika ada situasi tidak aman.
  4. Berbaik-baik pada satpam kompleks atau petugas ronda kampung. Setidaknya mereka ikut mengawasi rumah kita dari luar meski tidak intens.
  5. Baca do’a

Allah adalah penjaga yang paling hebat, pemberi keamanan yang paling aman. Perbanyak amalan do’a dan pasrah pada-Nya. Semoga kita dan keluarga yang di rumah dijaga Allah dan suami yang berada jauh di luar kota juga senantiasa dijaga-Nya.

Berikut salah satu do’a yang bisa diamalkan,

“A’udzu bikalimatillahit taammati min syari ma kholaq.” Aku berlindung kepada kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.” (diriwayatkan oleh Muslim dalam Shahih-nya no 2704).

Atau bisa juga dengan membaca surat-surat yang kita hafal atau membaca tilawah hingga Allah berikan ketenangan dalam hati kita.

Foto ilustrasi: google

Profil penulis:

Viana Wahyu, seorang bidan yang akhirnya memilih resign ketika hamil untuk menjadi bunda full time di rumah. Menyukai traveling dan fotografi serta menulis, yang alhamdulilah sudah terdokumentasikan lewat delapan bukunya, juga sedang menekuni dunia anak lewat novel anak yang sudah terbit.Alhamdulillah kini tergabung di Komunitas Ummi-Menulis. Viana bisa disapa via surel [email protected], Instagram @vianawahyu_ Facebook : Viana Wahyu, Twitter @vianawahyu

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *