Tips Aman dan Nyaman Traveling Saat Hamil

0 16

Sahabat Ummi, tentu anda sering bertanya apakah boleh seorang wanita melakukan bepergian/traveling jarak jauh saat hamil. Pasti akan bermunculan kekhawatiran, misalnya: apakah nanti tidak terjadi keguguran atau melahirkan di perjalanan? bagaimana nanti kalo ingin buang air kecil? dan pertanyaan-pertanyaan lain yang membuat cemas ibu hamil.

Sahabat ummi, wanita yang sedang hamil tidak selalu harus duduk, diam, dan tenang di rumah mulai dari awal sampai akhir kehamilan. Traveling juga dibutuhkan sebagai sarana rekreasi ibu hamil yang dapat memberikan efek psikologis yang positif bagi ibu maupun bayi yang dikandung. Merencanakan perjalanan jauh saat hamil tentu boleh saja, namun pastikan perjalanan Anda berlangsung aman dan nyaman.

Beberapa tips yang dapat dilakukan saat traveling, yaitu:

1. Pilih travelling di saat yang tepat

Meski Anda sudah membayangkan betapa asyiknya traveling Anda nanti, keselamatan bayi dalam kandungan tetaplah yang utama. Jika Anda hendak traveling menggunakan pesawat, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter kandungan anda serta memeriksa kebijakan yang diterapkan maskapai penerbangan sebelum Anda membeli tiket. Apakah pihak airlines mengizinkan ibu hamil traveling dengan usia kandungan tertentu dalam penerbangan mereka?

Kenyamanan Anda dalam perjalanan pun juga perlu dipertimbangkan. Sejumlah ibu hamil mengatakan, mereka merasa nyaman melakukan traveling ke luar kota pada masa trimester kedua.

Alasannya, pada masa ini ibu hamil sudah tak lagi mengalami morning sickness (mual muntah) dan belum merasa mudah lelah akibat beban kandungan, yang biasanya dialami ibu hamil pada masa trimester ketiga. Meski demikian, tidak setiap ibu hamil merasakan hal yang sama dan Anda pun bebas menentukan waktu terbaik untuk melakukan traveling.

 

Baca juga: Tips Traveling Ibu Hamil

 

2. Gunakan pakaian yang nyaman dan enak buat bergerak

Jangan yang bahannya panas, bahan katun lebih nyaman. Karena ibu hamil itu mudah berkeringat. Jika travelling ke iklim dingin bawalah mantel, syal dan jaket yang bisa mengcover seluruh badan. Jangan mengenakan pakaian terusan seperti jumpsuit atau overall. Hal tersebut akan merepotkan saat di kamar kecil.

3. Pilihlah tempat duduk yang dekat dengan kamar kecil

Jika Anda travelling, baik itu menggunakan pesawat, kereta maupun bus sebaiknya pilihlah bangku/tempat duduk yang dekat dengan kamar kecil. Karena wanita hamil sering buang air kecil. Hal tersebut bisa dilakukan saat pemesanan ticket.

4. Bawa persediaan pantyliner dan tissue yang cukup

Ketidakseimbangan hormon saat kehamilan membuat daerah vagina seringkali basah dan lembab. Hal tersebut untuk mencegah terserang jamur, bakteri ataupun infeksi saluran kencing.

5. Pastikan anda membawa semua vitamin dan obat-obatan yang anda butuhkan selama perjalanan.

6. Minum air putih yang cukup.

Hamil sangat rentan terhadap dehidrasi dan beresiko varises, sehingga bawalah buah-buahan kaya vitamin, seperti anggur, plums, jeruk atau kelengkeng. Pastikan Anda membawa air mineral selama traveling.

7. Sediakan camilan sehat seperti biskuit gandum, wafer, roti atau apapun yang anda sukai.

8. Gerakan kaki anda setiap 30 menit sekali, atau sesekali berjalanlah di lorong, untuk menghindari kram pada kaki anda.

9. Pilih sendal atau sepatu yg nyaman, kaki harus bebas bernapas. Jangan menggunakan high heels.

10.Istirahat cukup. Jika sudah di kota tujuan semua bisa lupa dan pastikan Anda istirahat cukup. Pilih tujuan wisata yang masih cukup nyaman untuk ibu hamil.

11. Hindari melakukan perjalanan pada saat usia kandungan telah mencapai 9 bulan. Hal ini dimaksudkan agar Anda tak merasa kewalahan jika sewaktu-waktu Anda mengalami kontraksi di tempat dan waktu yang tidak Anda inginkan. Namun jika Anda terpaksa harus bepergian jauh menjelang datangnya ‘hari H’, maka sebaiknya Anda harus bersiap diri terhadap segala kemungkinan. Bawalah beberapa potong baju bayi, dan pembalut khusus melahirkan dalam tas Anda. Jika memungkinkan, lengkapi diri Anda dengan informasi tentang bidan, dokter atau klinik bersalin di sekitar tempat tujuan.

Nah, sahabat ummi nikmatilah traveling Anda. Pastikan Anda senang, maka si baby dalam kandungan akan ikut senang.

Foto ilustrasi: google

Artikel terkait:

Tips Sehat Ibu Hamil

Traveling, Salah Satu Perintah Allah

Waspada Herpes Zoster pada Ibu Hamil

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.