Penyebab Mulut Bau Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

0 340

Sahabat Ummi, ketika melakukan puasa sering kita merasa terganggu dengan bau mulut. Hal tersebut dapat membuat mulut terasa tidak nyaman dan kepercayaan diri menurun. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan bau mulut ketika puasa?

Jawabannya adalah ketika tidak berpuasa, maka mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang yang menyebabkan mulut menjadi kering, akibatnya bakteri berkembang biak dengan cepat, sehingga akan muncul bau tidak sedap di mulut.

Atau Penyebab bau mulut lainnya juga bisa terjadi karena datang dari dalam tubuh, seperti yang dialami pengidap diabetes atau sakit maag.

Penyebab Mulut Bau Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Minumlah air sebanyak 8-10 gelas saat sahur dan berbuka. Ini dapat membantu mencegah bau mulut saat siang hari karena air putih meningkatkan saliva (air liur) sehingga mulut terjaga kebersihannya.

Lalu menggosok gigi dengan benar dan menggosok lidah juga. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mulut dari partikel makanan yang membusuk dan menyebabkan bau tidak sedap.

Meminum teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka akan mencegah bau mulut juga lho. teh hijau memiliki zat polyphenol yang berguna untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan.

Hindari makanan yang berbau menyengat seperti petai, jengkol dan durian, juga hindari makanan yang lengket seperti coklat, es krim dan lainnya. Jangan lupa gunakan pencuci mulut atau mouthwash agar mulut terasa bersih maksimal. (Marthina)

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.