Penyebab Batuk Panjang Tak Kunjung Sembuh

0 217

Apakah Sahabat Ummi sedang batuk dan sudah lumayan lama mengalaminya? Mungkin itu pertanda bahwa ada penyakit lain yang sedang di alami oleh tubuh. Batuk yang tak kunjung sembuh bisa mengindikasikan adanya gejala penyakit lain yang harus terus di kontrol. Batuk juga merupakan respon tubuh atas suatu suatu kondisi atau rangsangan pada saluran tenggorokan.

Frekuensi batuk juga berbeda beda. Pada jenis batuk kering biasanya penderita mengalami batuk yang terus menerus, tapi yang terjadi pada batuk berdahak gejala yang muncul adalah adanya batuk disertai dahak namun frekuensinya tidak sesering batuk kering. Untuk mempelajari type batuk dan seluk beluk batuk ini kita akan awali dengan pengenalan mengenai Penyebab Batuk .

1. Post Nasal Drip

Tubuh akan memproduksi lendir (ingus) berlebih akibat dipicu oleh berbagai hal. Beberapa contohnya adalah alergi, pilek, flu, sinusitis, hingga perubahan cuaca.

Post nasal drip adalah kondisi dimana lendir berlebih tersebut mengalir dari lubang hidung bagian belakang ke area belakang tenggorokan. Hal ini dapat memicu batuk terus-menerus, terutama pada malam hari.

2. Gangguan Paru-paru

Gangguan pada paru-paru dan saluran pernapasan, seperti asma, bronkitis, paru-paru basah, hingga infeksi saluran pernapasan lainnya dapat menyebabkan batuk tak kunjung sembuh. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) bahkan bisa menyebabkan batuk sepanjang hari yang mengganggu aktivitasmu.

Kondisi ini menyebabkan paru-paru lebih rentan terserang infeksi. Infeksi bakteri dapat ditandai saat batuk yang kamu alami diikuti dengan demam. Bila hal ini terjadi, pergilah ke dokter agar kamu mendapatkan resep antibiotik yang tepat.

Penyebab Batuk Panjang Tak Kunjung Sembuh

3. Asam Lambung Naik

Penyakit asam lambung naik atau GERD adalah kondisi dimana asam dalam lambung naik ke esofagus atau tenggorokan. Hal ini dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokan dan memicu batuk kronis.

Selain batuk, GERD juga dapat ditandai dengan beberapa gejala lain seperti sendawa dan dada terasa terbakar. Untuk mengatasi asam lambung naik, cobalah terapkan pola makan lebih sehat dan hindari berbaring setelah makan.

4. Stres

Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, namun stres dapat membuat batuk bertahan lebih lama. Cobalah menangani stres, misalnya dengan melakukan meditasi dan relaksasi. Mendorong diri terlalu keras justru dapat membuat penyakitmu tak kunjung membaik.

5. Infeksi

Batuk tak kunjung sembuh bisa juga dialami setelah Anda sebelumnya sudah mengalami gejala lain dari pneumonia, flu, pilek, atau infeksi lain dari saluran pernapasan bagian atas. Penyebab batuk tak kunjung sembuh lainnya yang sering tidak terdeteksi ialah infeksi pertusis, yang juga dikenal sebagai batuk rejan.

Selain dari beberapa penyebab di atas, salah satu penyebab batuk tak kunjung sembuh yang paling sering adalah merokok (atau pernah menjadi perokok aktif). Berulang-kali menghirup asap rokok (menjadi perokok pasif) juga bisa menyebabkan batuk kronis dan bahkan kerusakan paru-paru. (Marthina)

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.