Model Pakaian Terlarang bagi Muslimah

By | April 24, 2018

Sahabat ummi, saat ini kita sebagai muslimah sudah sangat dimanjakan sekali dengan berbagai macam model busana muslim. Banyak model yang dapat kita dipilih yang tentunya harus sesuai dengan karakter kita. Namun terkadang kita lupa, bahwa sebagai seorang muslimah tidak semua model pakaian bisa kita kenakan. Ada model pakaian yang terlarang untuk muslimah, dan berikut ini adalah beberapa pakaian yang terlarang untuk muslimah:

1. Pakaian yang menampakkan aurat.

Tentunya sebagai seorang muslimah sudah paham betul, bagian mana saja yang termasuk aurat yang harus kita jaga dan lindung dan bagian mana yang boleh terlihat. Dan teruntuk wanita seluruh tubuhnya adalah aurat dan yang boleh terlihat hanyalah wajah dan kedua telapak tangannya. Sehingga pakaian yang terlihat sopan saja tidak cukup, jika masih ada belahan yang menyingkap betis, atau panjang tangan hanya tiga perempat saja, semestinya kita hindari pemakaian busana yang seperti ini.

2. Tidak menggunakan bahan yang tipis, dan menerawang atau tembus pandang

Dari segi pemilihan bahan kita juga harus berhati-hati. Tidak menggunakan bahan yang tipis, menerawang dan tembus pandang, sehingga dapat memperlihatkan bentuk lekuk tubuh. Kalaupun mau memakai bahan tipis, usahakan menggunakan pakaian double agar aurat tetap tertutupi.

Model Pakaian Terlarang bagi Muslimah

3. Tidak menyerupai pakaian laki-laki

“Rasulullah melaknat kaum pria yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum pria.” (HR. Bukhari no. 6834)

Itu sebabnya Islam mewajibkan muslimah untuk menggunakan khimar, agar mudah dibedakan dari laki-laki atau dari perempuan non muslim. Jikalau menyukai pakaian yang tomboy, saat ini model pakaian yang edgy namun tetap syar’i juga bisa ditemui.

4. Menggunakan pakaian yang menyerupai agama lain, seperti pendeta, biarawati dan agama yang lainnya adalah haram hukumnya.

Biarawati pun menggunakan penutup kepala seperti hijab, akan tetapi modelnya sangat khas dan mudah dikenali. Maka, muslimah diharamkan memakai pakaian atau gaya hijab yang sama seperti biarawati atau penganut agama lainnya.

5. Menggunakan pakaian untuk menyombongkan diri dan pamer ( syuhroh)

Pakaian syuhroh yang dimaksud adalah pakaian pakaian yang dimaksudkan untuk tampil beda dari biasanya, misalnya pakaian paling mewah atau pakaian yang paling kumuh agar terlihat sebagai orang yang zuhud.

“Barangsiapa memakai pakaian syuhroh, niscaya Allah akan memakaikan kepadanya pakaian semisal pada hari kiamat” (HR. Abu Daud no. 4029 dan Ibnu Majah no. 360. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Sahabat ummi, itu adalah 5 model pakaian terlarang bagi muslimah yang dapat diperhatikan agar terhindar dari fitnah. Semoga bermanfaat (Letha)

Foto ilustrasi: google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *