Mitos Anak ‘Bau Tangan’

By | April 25, 2018

Sahabat Ummi mungkin sering dengar, banyak orang yang bilang jika bayi terus digendong, maka ia akan bau tangan dan akan menjadi manja, sulit ditidurkan tanpa digendong.

Di masyarakat pun kerap dipercaya jika bayi terlalu sering digendong misalnya ia sedang tidur atau tidak menangis tapi tetap digendong, si kecil bisa ‘bau tangan’ sehingga tidak mau diletakkan di kasur. Benarkah?

Dr. Meta Hanindita SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan bahwa hal tersebut hanyalah mitos saja. Hal tersebut terjadi adalah wajar karena bayi memang mencari kenyamanan dan keamanan dari orang yang dikenal.


Jadi secara garis besar, bisa kita dapatkan jawabannya bahwa hal tersebut merupakan mitos dan bukan realita. Faktanya juga, seorang bidan di Ontario, Kanada, Karin Terpsta mengatakan kenyataan yang ada justru berbeda jauh dari mitos di atas. “Merespon bayi dengan cepat justru bisa membuat bayi jadi tidak kesal dan lebih mudah menenangkannya jika dia menangis,” tambah Terpsta.

Dokter anak asal Kanada, Denis Leduc menambahkan, di beberapa negara ada ibu yang menggendong bayi mereka seharian dan itu tidak menimbulkan efek apapun. Menurut Leduc, menggendong bayi tidak akan menyebabkan apapun kecuali ibu dan bayi menjadi lebih dekat dan menguatkan ikatan mereka.

Nah, sekarang udah nggak perlu khawatir yaa dengan istilah ‘bayi sudah bau tangan’. Jangan karena takut anak bau tangan, ibu malah tidak mau menggendong bayinya sendiri. Setuju? (Marthina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *