Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Menurunkan Berat Badan?

0 443

Sahabat Ummi suka minum kopi? Ternyata kegemaran orang minum kopi di pagi hari ada manfaatnya. Selain membuat mata melek, juga memberi pasokan energi dan mendorong metabolisme tubuh lho.

Banyak orang minum kopi di pagi hari sebagai ritual untuk memulai hari. Beberapa penelitian menyebutkan manfaat sehat kopi tetapi tak sedikit yang menyebut kopi bisa memicu kanker dan penyakit jantung. Dikutip dari The Independent, selain disebut sehat bagi jantung dan meningkatkan energi saat diminum pagi hari, ternyata kopi juga bisa menurunkan berat badan.

Alasan di balik manfaat penurunan berat badan karena kopi dapat meningkatkan metabolisme.

“Secangkir kopi harian dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme, dengan merangsang thermogenesis, sehingga membantu membakar lebih banyak lemak,” ungkap ahli nutrisi Sarah Flowers.

Selain bermanfaat bagi metabolisme, kopi juga mengandung asam klorogenik (bantuan lain untuk menurunkan berat badan)—yang berfungsi memperlambat penyerapan karbohidrat dan mengurai lemak.

Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Menurunkan Berat Badan

Namun, hal ini bukan berarti minum banyak kopi di pagi hari bisa langsung memangkas berat badan. Sarah Flowers menyarankan untuk minum 1-2 cangkir kopi saja di pagi hari agar mencapai metabolisme maksimal.

Kopi juga bisa menurunkan selera makan tetapi bukan pengganti makanan. ‘Kopi dapat merangsang panas dan energi tubuh yang mengurangi selera makan dan sementara saja bisa mengurangi keinginan makan.

Perlu digarisbawahi, kopi yang diminum adalah jenis kopi hitam tanpa gula dan susu. Bukan jenis Frappucino yang manis yaa. Jika ingin menambahkan susu, boleh saja asal tidak banyak. Kandungan gula yang banyak justru akan menyebabkan penyakit lain. (Marthina)

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.