Mengoleskan Pasta Gigi Pada Luka Bakar Bukan Solusi yang Tepat

0 20

Sahabat Ummi, saat melakukan pekerjaan rumah, seperti memasak, menyetrika pakaian, dan sebagainya kita bisa saja lengah sehingga mendapat luka bakar. Tentunya hal itu menyebabkan gerak kita terbatas, benar begitu?  Sudah menjadi tradisi turun menurun bahwa jika terkena luka bakar oleskan saja pasta gigi.

Rasa sejuk dan dingin setelah mengoleskan pasta gigi pada luka bakar membuat kita menganggap luka tersebut akan segera membaik. Apa Sahabat Ummi masih melakukannya sampai sekarang? Kebiasaan tersebut tidak benar, kandungan dalam pasta gigi bisa membuat luka semakin memburuk dan mengahambat penyembuhan pada luka bakar.

Dikutip dari klikdokter(dot)com menjelaskan bahwa kandungan mentol, pemutih, perasa, dan zat-zat kimia lainnya pada pasta gigi dapat menyebabkan radang serta infeksi. Penyembuah pada luka pun tidak akan sempurna. Pasta gigi menyebabkan terhalangnya bagian kulit yang terbakar dengan udara luar sehingga tidak terjadi pelepasan udara di bawah kulit dengan udara di luar.

Selain itu jika terdapat gelembung berisi cairan, jangan dipecahkan! Sebab, lubang yang diakibatkan karena pemecahan gelembung berisi cairan tersebut dapat menjadi puntu masuk kuman dan menyebabkan infeksi. Hal lain yg perlu diketahui adalah jangan kompres daerah yang teluka dengan es batu karena suhu es yang bisa mencapai di bawah nol derajat celcius dapat membuat pembuluh darah kita mengecil.

 

Baca juga: 5 Buah yang Dapat Mengobati Luka Bakar

 

Lalu tindakan apa yang harus dilakukan jika kulit terpapar luka bakar? Sahabt Ummi bisa melakukan pertolongan pertama dengan mengalirkan air ke bagian kulit yang terkena luka bakar. Selain itu, segera pergi ke dapur dan temukan bahan-bahan yang dapat menolong luka bakar.

  1.  Kentang Mentah

Secara alami, kentang mentah mempunyai sifat anti inflamasi serta mampu mendinginkan kulit. Kentang juga sangat baik untuk kecantikan kulit, oleh karena itu tidak heran sifat mendinginkannya bisa untuk mengobati luka bakar di bagian kulit. Caranya mengiris tipis kentang dan menempelkan pada kulit dengan cara ditekan sesekali agar terasa dingin.

  1.  Teh Celup

Teh celup juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar, sebab teh mengandung tannin untuk meringankan dan menghilangkan luka bakar. Dengan cara mencelupkan hasil seduhan yang sudah didinginkan ke bagian kulit yang terluka.

  1.  Lidah Buaya

Bahan ini mungkin dapat Sahabat Ummi temukan di kebun atau taman. Selain biasa digunakan untuk perawatan pada rambut, lidah buaya juga menjadi salah satu tanaman obat mujarab yang bermanfaat mendinginkan kulit akibat terbakar dan menyembuhkan penyakit. Caranya mudah, cukup mengoleskan lidah buaya di bagian luka.

Penanganan yang cepat dan tepat dapat mengurangi risiko luka bakar menyebar atau semakin parah. Sahabat Ummi, bukan hanya pasta gigi, jangan sesekali mengoleskan margarin dan kecap pada luka bakar karena kandungannya bukan dikhususkan untuk luka bakar. Pintar-pintarlah dalam melakukan tindakan pertolongan pertama pada luka, ya Sahabat Ummi.

Foto ilustrasi: google

Hani Dwi Putri

 

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.