Info Tips Kesehatan, Inilah 4 Dampak Negatif Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil

0 6

Sahabat ummi, kebanyakan orang pasti pernah menahan buang air kecil dan alasannya beragam. Mulai dari terjebak macet, sedang rapat penting, sedang nonton program tv yang sayang jika dilewatkan, sedang mengajar, atau bahkan karena malas ke toilet. Jika hal tersebut sering kita lakukan maka akan menjadi kebiasaan yang membuat kita menyepelakan salah satu aktifitas rutin ini yang merupakan bagian dari metabolisme tubuh.

Mengapa urin merupakan cairan yang harus dibuang oleh tubuh? Secara logika kita dapat menjawab mengapa tubuh mengeluarkan urin karena pasti tidak memiliki manfaat. Hal ini tentunya akan berbahaya jika urin yang seharusnya dibuang justru terus disimpan dalam tubuh.

Lalu, benarkah menunda membuang air kecil dapat berakibat negatif bagi kesehatan tubuh kita? Lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan lengkapnya!

1.Menyebabkan infeksi ginjal

Secara medis urin yang dikeluarkan sebelumnya harus melewati tubulus-tubulus di ginjal baru kemudian menuju kantong kemih yang selanjutnya baru dikeluarkan. Nah apabila ginjal kita ini sudah penuh dengan urin dan tidak segera dikeluarkan maka kerja ginjal menjadi terganggu.

Coba bayangkan apabila berjam-jam kita menahan buang air kecil. Jika dalam keadaaan normal urin langsung dikeluarkan namun masih tertahan maka siklus pengeluaran urin menjadi terganggu. Akhirnya jika sering menahan buang air kecil maka akan terjadi infeksi di ginjal.

2.Munculnya infeksi saluran kemih

Menahan buang air kecil dapat memicu timbulnya bakteri-bakteri yang seharusnya dikeluarkan namun tertahan dan jika dibiarkan dapat menyebar kebagian organ lain. Bakteri tersebut dalam jangka waktu lama dapat memicu penyakit sepsis, yaitu timbulnya bakteri  yang menyebar melalui peredaran darah.

Tanda-tanda dan gejala apabila terjadi infeksi saluran kemih memiliki gejala tertentu yaitu terjadinya nyeri di sekitar perut bagian bawah,  serta muncul rasa perih saat buang air kecil, dan frekuensi buang air kecil juga menjadi lebih sering namun dengan volume urin yang dikeluarkan lebih sedikit.

3.Menyebabkan gagal ginjal

Menurut dr. Chaidir A Mochtar, seorang spesialis Urologi, kebiasaan menahan buang air kecil yang dibiarkan terus-menerus dapat berpengaruh pada kesehatan ginjal kita. Hal tersebut berhubungan dengan meningkatnya tekanan pada ginjal, menurunkan produksi ginjal hingga ginjal menjadi bengkak. Akhirnya ginjal tidak akan lagi mampu bekerja sesuai fungsinya atau dalam kata lain tubuh akan mengalami gagal ginjal.

4.Terbentuknya batu ginjal

Urin memiliki Kandungan garam dan sisa mineral lain yang apabila tidak segera dibuang dapat mengendap dan menggumpal di dalam ginjal. Bayangkan jika hal ini sering dan dalam jangka waktu yang lama, tentunya gumpalan tersebut akan semakin bertambah dan menggangu fungsi dari ginjal.

Endapan yang terdapat dalam ginjal ini sering disebut dengan batu ginjal. Apabila batu ginjal yang mengendap ini tak segera dioperasi untuk dikeluarkan maka dapat berlanjut menyebabkan adanya luka pada dinding ginjal sehingga menimbulkan infeksi pada ginjal.

Nah sahabat ummi, sudah tahu kan betapa berbahayanya jika kita sering menunda membuang air kecil. Masihkah kita melakukan kebiasaan yang hanya akan merugikan kesehatan kita.

Sahabat ummi, slogan mencegah lebih baik daripada mengobati memang tidak salah. Meskipun setiap penyakit ada obatnya kecuali maut, tetapi Allah lebih menyukai muslim yang sehat daripada muslim yang sakit dan tidak mau menjaga kesehatan. Bahkan salah satu dari lima perkara yang wajib kita jaga adalah sehat sebelum sakit bukan?

Selamat hidup sehat!

Referensi: dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Een Kurniati adalah seorang ibu rumah tangga yang bekerja sebagai guru kimia. Beberapa tulisan penulis dapat dijumpai di antologi Di Masjid Hatiku Terkait, antologi Mengapa Saya Menulis, dan antologi Buku Dalam Liku Hidupku. Penulis yang dapat dijumpai di akun facebook Een Kurniati Ash atau ndaeen.blogspot.com kini aktif di Komunitas Ummi Menulis

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.