Manfaat Dahsyat Bersedekah

By | April 5, 2018

Manfaat dahsyat bersedekah – Sahabat Ummi, berapa jumlah sedekah yang biasa dikeluarkan tiap bulannya? Lebih besar mana… jumlah nominal uang sedekah atau jumlah uang belanja bulanan?

Kalau kita tahu manfaat sedekah yang amat dahsyat, in syaa Allah akan semakin berani mengeluarkan budget sedekah. Berikut ini beberapa manfaat dahsyat bersedekah yang perlu diketahui:

1. Lipat ganda harta hingga 700 kali lipat

Tidak perlu datang ke orang pintar alias dukun jika ingin harta kita berlipat ganda, cukup perbanyak sedekah. Karena Rasulullah menyatakan bahwa sedekah takkan mengurangi harta, dan Allah berjanji dalam firmanNya bahwa Ia akan melipatgandakan rezeki orang-orang yang mengeluarkan sebagian hartanya untuk sedekah.

Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah Ayat 261, “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

2. Sedekah Membuka Pintu Rezeki yang masih tertutup (karena dosa)

Rezeki kita bisa tersendat karena maksiat yang kita lakukan lho, nah… pintu rezeki bisa terbuka lebar jika kita mau mengeluarkan sedekah.

Rasulullah bersabda dalam hadis riwayat Baihaqi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah.” Diriwayatkan pula dalam hadis riwayat Muslim, “Hai anak Adam, infaklah (nafkahkanlah hartamu), niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu.”

Manfaat Dahsyat Bersedekah

3. Kaya Jiwa

Kekayaan bukanlah sesuatu yang harus diidam-idamkan oleh seorang muslim karena kekayaan bisa membawa kerusakan kepada seseorang sekiranya tidak menurut jalan yang benar. Islam lebih melihat kekayaan dari segi kekayaan jiwa. Hadis riwayat Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu: Aku mendengar Rasulullah bersabda: Kekayaan itu bukanlah karena mempunyai banyak harta tetapi kekayaan yang sebenarnya adalah kekayaan jiwa. (Shahih Muslim)

Dan kekayaan jiwa bisa terbukti dengan sedekah yang kita keluarkan. Orang yang kaya jiwanya, tidak akan takut mengeluarkan sedekah dalam jumlah besar, karena ia telah menyadari hakikat kekayaan sejati adalah apa yang kita berikan untuk orang lain.

4. Sebagai Naungan di Hari Kiamat

“Maka manusia akan tenggelam dalam keringat sesuai kadar amalnya. Ada yang keringatnya membanjiri hingga mata kakinya, ada yang tenggelam hingga lututnya, ada yang sampai pinggulnya dan ada yang benar-benar tenggelam oleh keringatnya, “ Beliau bersabda sembari mengisyaratkan tangannya ke mulutnya.” (HR Muslim)

Di saat banyak manusia lainnya tenggelam dalam keringatnya masing-masing, seseorang yang bersedekah akan mendapat naungan di hari kiamat kelak.

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda, “Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya.”

Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui manfaat dahsyat sedekah, umat Islam dianjurkan untuk gemar bersedekah. Apakah kita telah melakukannya? (Marthina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *