Manfaat Bawang Putih Sebagai Anti Kanker

By | April 16, 2018

Manfaat Bawang Putih Sebagai Anti Kanker – Sahabat Ummi, penyakit kanker masih menjadi momok menakutkan karena dapat merenggut nyawa penderitanya dan sampai saat ini belum ada metode pengobatan yang benar-benar terbukti ampuh untuk mengobati penyakit kanker. Meski banyak yang dapat sembuh dengan menjalani operasi dan pengobatan kemoterapi, kenyataannya banyak juga yang tidak dapat tertolong nyawanya karena berbagai alasan.

Namun peneliti dibuat terkejut dengan manfaat luar biasa yang disembunyikan oleh bawang putih. Bawang putih ternyata bisa membunuh sel kanker dengan sangat efektif. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Cancer Association ini mengungkap bahwa bawang putih tak memberikan efek samping saat membunuh sel kanker.

Zat-zat aktif dalam bawang putih antara lain vitamin A, B, C, kalsium, potasium, besi, karoten, dan selenium. Yang paling dominan dalam memerangi kanker adalah komponen allyl sulfur seperti diallyl sulfide, diallyl disulfide, diallyl trisulfide, S-allyl cysteine, S-allylmercaptocysteine, allicin, dan ajoene.

Zat-zat tersebut mencegah pembentukan dan pengaktifan nitrosamin di dalam tubuh, juga memblokir aflatoxin, azoxymethane, benzo(a)pyrene, dan lain-lain, yang kesemuanya merupakan zat karsinogen (pemicu kanker).

Manfaat Bawang Putih Sebagai Anti Kanker

Pada tahap berikutnya komponen-komponen tersebut dapat mencegah mutasi gen, menghambat proliferasi (pertumbuhan/pembelahan) sel-sel kanker, memperbaiki struktur DNA yang rusak, bahkan merangsang sel kanker untuk bunuh diri (apoptosis).

Di sisi lain bawang putih juga berperan sebagai antioksidan, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan membunuh kuman Helicobacter pylori yang dapat memicu berbagai macam kanker perut.

Manfaat dari bawang putih baru bisa kita rasakan jika bawang putih diiris atau digeprak. Cara tersebut akan membantu mengeluarkan enzim allinase yang bersifat antikanker. Jika bawang putih langsung dimasak maka khasiat tersebut tidak akan kita dapatkan. Baik dikonsumsi dalam bentuk mentah, dijadikan rebusan atau digunakan sebagai bumbu masakan, biasakan untuk menggeprak bawang putih dan biarkan sampai 15 menit terlebih dahulu. Jika kurang dari itu maka khasiatnya tidak akan bisa maksimal. Semoga ulasan ini bermanfaat. (Marthina)

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *