5 Ciri Keuangan Keluarga yang Sehat

0 10

Saat ini sahabat Ummi mungkin telah melakukan investasi ataupun tengah merencanakan untuk melakukan investasi. Dalam hal ini, sahabat Ummi dianjurkan untuk terlebih dulu memahami secara tepat investasi yang akan dipilih agar sesuai dengan kemampuan dan tujuan finansial. Selain itu, ada hal penting lain yang tak boleh diabaikan, yaitu memiliki finansial yang sehat sebelum memutuskan untuk melakukan investasi.

Berikut adalah ciri-ciri keuangan keluarga yang sehat, yaitu:

1.Batas utang per bulan maksimal 25% dari penghasilan

Saat ini sahabat Ummi dan suami mungkin masih memiliki beberapa cicilan yang harus diangsur setiap bulan seperti angsuran rumah, kendaraan, perabotan dan sebagainya. Pastikan bahwa total cicilan yang harus dibayar setiap bulan tidak lebih dari 25% penghasilan dalam sebulan.

2.Memiliki saldo tabungan minimal tiga kali pengeluaran rutin sebulan

Tabungan yang dimaksud di sini adalah tabungan yang bisa diambil sewaktu-waktu pada saat dibutuhkan atau dalam kondisi darurat. Jadi misalkan pengeluaran rutin per bulan adalah lima juta rupiah, maka sebaiknya sahabat Ummi dan suami memiliki saldo tabungan sekurang-kurangnya sejumlah lima belas juta rupiah.

3.Memiliki proteksi keuangan

Lebih baik jika saat ini sahabat Ummi dan suami juga memiliki asuransi sebagai upaya proteksi diantaranya: asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan anak, asuransi kendaraan, dan lain-lain yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

4.Memiliki dana pensiun

Jika profesi suami dan sahabat Ummi tidak memiliki dana pensiun di hari tua seperti bekerja sebagai freelancer atau wiraswasta, sahabat Ummi dan suami dapat menyiasatinya dengan mengalokasikan sejumlah dana dari penghasilan ke dalam tabungan hari tua dan tidak boleh diambil sampai masa tua datang.

5.Bebas utang konsumtif

Jika sahabat dan suami masih memiliki utang konsumtif, seperti utang kartu kredit, perabotan rumah tangga, alat elektronik dan lain-lain, agar sebaiknya melunasinya terlebih dulu sebelum melakukan investasi.

Apabila kondisi finansial telah memenuhi kelima ciri tersebut, maka sahabat Ummi dapat melakukan investasi dalam bidang yang diinginkan seperti investasi emas, properti, dan sebagainya.

Namun bila ada ciri-ciri yang belum terpenuhi, tidaklah dianjurkan untuk banyak-banyak berinvestasi atau pilihlah jenis investasi yang berisiko kecil saja seperti emas atau logam mulia.

Referensi: dari berbagai sumber

Foto ilustrasi: google

Profil Penulis:

Riawani Elyta. Ibu dari 3 anak. Lahir dan berdomisili di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Telah menghasilkan belasan novel, buku duet non fiksi dan antologi.

FB           : Riawani Elyta

twitter : @RiawaniElyta

blog       : www.riawanielyta. Com

Artikel lainnya:

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Agar Keuangan Menjadi Berkah

Tips Menjadi Istri yang Jago Mengolah Keuangan Keluarga Tanpa Ribet dan Ribut

Bijak dalam Mengelola Keuangan Keluarga (bagian 2)

Bijak dalam Mengelola Keuangan Keluarga (bagian 1)

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.