Ketika Santri Jatuh Cinta

By | January 23, 2017

Sebelum para santriwati pulang liburan, saya iseng menanyakan 4 hal kepada mereka, dan meminta mereka menuliskan jawabannya dengan jujur di sebuah kertas.

Ada empat pertanyaan:
1. Kenapa sih senang banget ingin pulang ke rumah?
2. Butuh berapa duit supaya bisa menahan kalian agar nggak pulang ke rumah?
3. Kalau seneng banget mau pulang ke rumah selama liburan, kenapa mau balik lagi ke ma'had (pesantren?)
4. Kalau tiba-tiba ada berita bahwa Rasulullah ada di Papua, apa yang kalian lakukan?

Ini jawaban mereka, ditulis tanpa editing termasuk banyak typo.  Silakan dinikmati…

~

Rasti 16th, piatu
Kenapa ingin pulang?
kangen makan bareng mamah

Kenapa ingin kembali?
karena impian aku dari dulu tuh emang pengen masuk pesantren, dan aku pengen ngafal alquran di sini, cari ilmu, biar bisa jadi penghafal alquran 30 juz, biar bisa ngajarin orang lain juga

Kalau ada Rasul di Papua, gimana?
pengen nemuin rosul ajak keluargaku

*

Prida 15th, yatim
Kenapa ingin pulang?
karena aku ingin memberikan mahkota kepada ortu, aku juga mau nyelesain hafalanku, dan belajar hidup jauh dari ortu

Kalau ada Rasul di Papua, gimana?
aku mau nyamperin entah gimana caranya, kalau ketemu aku mau minta sama rosul  biar doain aku masuk surga yang sesurga ama rosululloh dan aku minta syafaatnya buat orang tuaku kakak dan orang yang aku sayang

kalau mamah ngelarang aku ketemu rosul, aku ga akan pergi, tapi aku akan terus berusaha agar mamah ngizinin aku pergi

*

Imeyda 11th, ditinggal ortu sejak kecil entah kemana

Kok pengen liburan pulang kerumah? Kenapa?
aku seneng banget denger suara opung, kalau lagi galau ketemu opung seneng. lagian kalau dirumah banyak cemilan, di sini jarang si

Butuh duit berapa supaya kamu nggak pulang liburan?
ime nggak tau ya berapa tapi ime pengen beliin opung mukena sama alquran. ime mau si nggak pulang asal yang penting opung nggak kangen ime. kan kalau opung seneng ime seneng, ime kan ga bisa bayar utang ime sama opung, berapa aja soalnya ime suka nangisin opung, 1 air mata kan 7 mutiara. ime bisa cuman doain opung doang dan kalau ime dikasih uang sama abi ya dikasih ke opung

Kenapa ingin kembali ke ma'had?
karena ime kangen sama kakak-kakak, sama umi sama abi, kan ime disini pengen ngafal quran, kalau ime lama-lama di rumah ketinggalan apalannya, kan ime mau di sini jadi anak sholeha 30 juz pula

Kalau Rasul ada di Papua, apa yang mau Imey lakuin?
kalo ga punya uang ingin berdoa aja biar rosulullah kembali lagi ke indonesia

*

Suci 16th, piatu
Kenapa pengen balik lagi ke ma'had?
yang pasti karena pengen ngafal quran lagi di ma'had ini

aku ga bisa ikut perang angkat senjata di palestina buat jihad di jalan allah, tapi di ma'had ini aku bisa jihad dengan cara menghafal alquran  makanya aku seneng balik ke sini

*

Maudy 13th, yatim
kenapa pengen liburan pulang ke rumah?
aku mau pulang karena aku mau berbagi ilmu sama keluargaku tentang islam. biar mereka dapat hidayah, terutama kakak aku. aku ga mau kalau kakak aku itu nggak tau islam sesungguhnya. aku mau ngasih tau tentang wanita sholehah itu gimana, dan aku juga mau berbagi hafalan aku ke saudara aku. subuh kalau aku sholat subuh aja mereka belum pada bangun, jangankan sholat subuh, sholat dzuhur aja mereka masih asik sama hapenya. kalau aku ngasih tau mereka bilang iya entar iya entar, entarnya mereka itu engga dijalanin. terus aku juga mau ngebantuin nenek beres-beres rumah dan ngajarin adekku surat surat pendek.

Kenapa ingin kembali ke ma'had?
karena aku malu sama rosululloh kalau aku ditanya sudah sampai mana hafalan kamu kalau hafalan aku masih dikit apa yang mau aku banggain, karena sekarang sudah akhir jaman umat islam berlomba lomba memperbanyak hafalan dan amal sholeh

Kalau rosul ada di papua, apa yang akan kamu lakukan?
aku akan datengin beliau gimanapun caranya dan aku mau bilang hafalan aku sudah sampai mana dan aku minta doa supaya aku bersamanya di surga

*

Lamis 14th, piatu
Kenapa ingin kembali ke ma'had?
karena aku mau ngafal quran dan bisa hafal sampai 30 juz. bisa gapai cita cita aku dan orang tua aku. aku gak mau orang tua aku/orang orang yang aku sayang/keluarga aku sedih. aku pengen buktiin aku bisa dan aku ga mau ibu aku di alam sana nangis ngeliat aku gagal. karena aku belum bisa banggain ibu aku dulu. sekarang saatnya aku bikin ibu aku bangga dan tersenyum di sana karena 1 tetes air mata ibu lebih mahal dari 1 butir mutiara. dan aku pengen dapet ridhonya Allah. dan syurganya Allah karena Allah menyukai orang yang mempelajari/menghafal/mengamal

kan alquran.

Kalau di Papua ada Rosulullah, apa yang kamu lakuin?
Kalau Allah izinkan aku ketemu Rosulullah aku inshaAllah akan ke papua nemuin rosululloh, supaya bisa memperdalam ilmu agama. tapi kalau Allah gak izinin aku ketemu rosululloh aku doain aja rosululloh. dan aku doa yang banyak ke Allah semoga aku di surga ketemu rosululloh

*

Fina, 13th, yatim piatu
Kenapa kamu pengen pulang ke rumah kalau liburan?
karena pengen ngumpul sama keluarga, adik dan kakak pina. dan pina juga kangen sama nenek dan tante. dan pina ingin ngasih tau kalau pesantren di sini itu tidak seperti di pesantren, tapi seperti di surga.

Kenapa pengen kembali ke ma'had?
karena pina belum bisa khatam quran makanya pina kembali dan pina juga ingin membawa mahkota dan jubah kebesaran akan pina dan keluarga bisa masuk surga

Kalau ada Rosul di Papua apa yang kamu lakuin?
pina akan memilih rosululloh, karena pina yakin kalau pina jumpa rosululloh pasti pina akan masuk surga bersama keluarga

*

Dwi,  11th, yatim
Kenapa liburan pengen pulang?
karena kangen sama masakan nenek dan mama

Kalau ada Rosul di Papua apa yang kamu lakuin
gak tau mau diapain klo misalnya datang jauh terus harga tiketnya mahal

*

Nayla 14th
Kenapa pengen pulang liburan?
sebenarnya lebih seneng di sini, tapi kangen sama orang tua dan adik adik. Kalau kangen umi pengennya meluk umi. aku mau pulang gara gara masih banyak kesalahan aku sama orang tua, mau minta maaf, juga sama keluarga, mau silaturrahmi

Kenapa ingin kembali ke ma'had
karena aku mau jadi orang yang bener, ga mau kayak dulu lagi. mau terus ngafal quran biar bisa bawa semua ke surga bertemu rosulullah, itu doa aku dari dulu

Kalau Rosul ada di Papua, apa yang kamu lakuin?
berusaha dengan cara apapun agar bisa bertemu rosululloh, walaupun gak bisa naik pesawat dan gak punya uang

gak papa jalan juga kesana walaupun kedengarannya gak mungkin, tidak ada sesuatu yang tidak mungkin atas seizin allah

*

Melinda, 16th, yatim
Kenapa liburan ingin pulang?
karena aku kangen sama umi, adik dan kakak aku. aku gak mau kalau misalnya salah satu dari keluarga aku ada yang meninggal dan aku nggak ngerasain senangnya bareng mereka, aku gak mau hal yang dulu terulang lagi dan aku gak mau nyesel ke 2 kalinya lagi.

Kenapa ingin kembali ke ma'had?
karena sejak aku di ma'had aku mendapatkan hal-hal yang aku nggak tau di dunia luar. di sini aku dapat hal-hal yang menurut aku bisa ngerubah aku tapi diri akunya yang masih ogah-ogahan. di sini juga aku ngafalin alquran pakek arti dan aku baru paham isi alquran, dan karena di sini aku mendapat hal yang buat aku pengen nyelidikin hal itu, tentang islam dari jaman dahulu hingga sekarang walaupun belum semuanya

Kalau Rosul ada di Papua, apa yang kamu lakuin?
gimanapun caranya aku harus tetep ketemu rosululloh, karena aku selalu pengen ketemu Allah dan rosululloh, tapi aku selalu sedih karena aku cinta sama Allah dan rosul tapi akunya kayak gini, kayak gak ada rasa cintanya sama Allah dan rosul

*

Zahra, 13th, yatim
Kenapa pengen pulang liburan?
kangen orang tua, kangen masakan ortu, ingin bantuin ortu, ingin makan yang ada duriannya, ngasuh adik, jalan2 ketemu temen lama

Kenapa pengen kembali ke ma'had?
kasian sama ibu kalau aku nggak jadi hafizhoh dan aku ingin menuntut ilmu

*

Nia, 14th, yatim
Kenapa pengen pulang liburan?
karena aku punya misi penting yang harus aku lakuin ke ortu aku

Jika bisa dibayar, berapa harganya untuk menahan kamu agar tidak pulang?
nggak bisa dibayar bi, soalnya penting banget dan aku berusaha menghindari kelalaian

Kenapa pengen kembali ke ma'had?
karena aku pengen tetep menghafal alquran dan mencari lebih dalam lagi ilmu agama islam

Kalau Rosul ada di Papua, apa yang kamu lakuin?
aku tetep pengen pulang karena hati aku bilang, kalau aku lebih baik pulang, kalau aku ngelakuin misi itu insyaAllah Rosululloh akan ketemu aku

*

Allahu Akbar… Kecintaan pada orangtua, keinginan menghafal dan rindu Rasulullah, itulah yang ada di hati mereka.

*seperti diceritakan oleh Ust. Hilal, pengasuh MAK Bojonggede

~
 
Mari berinvestasi akhirat. Wujudkan cita-cita santri yatim dan dhuafa menjadi Penghafal Quran.

Hanya dengan Rp. 150.000,- per bulan, Anda sudah berpartisipasi dalam program Orang Tua Asuh bagi para santri yatim dhuafa di Ma'had Askar Kauny dan juga akan mendapatkan Majalah Ummi setiap bulannya.

Silakan transfer infaq anda melalui rekening:

Bank Muamalat 335-000-9175
A.n Yayasan Askar Kauny

Konfirmasi transfer
SMS/WA 0812 8054 4843
Ketik: OTA#Nama#AlamatLengkap#Notelp#Jumlahdonasi#TanggalTransfer#WaktuTransfer

Setiap ayat yang mereka hafalkan dan amalkan, Insyaa Allah pahalanya akan sampai pula kepada Anda.

Jazakumullah khairan katsira.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *