Keluar Flek Tetap Berpuasa ataukah Batal?

By | May 20, 2018

Flek adalah pendarahan vagina yang terjadi secara acak di luar waktu menstruasi atau pun waktu menstruasi. Hampir setiap wanita pernah mengalami masalah ini dalam hidupnya. Dan Ini menjadi salah satu masalah yang banyak membingungkan kaum Hawa, keluarnya flek ketika puasa. Apakah terhitung haid, sehingga puasanya batal, ataukah bukan haid sehingga tetap wajib melanjutkan puasanya.

Ada kaedah dari Syaikh As-Sa’di dalam kitabnya Manhaj As-Salikin yang bisa menjawab hal ini. Akhir kesimpulannya seperti yang dirinci berikut ini.

Flek yang keluar di masa kebiasaan haidh sebelum darah haidh keluar, ditambah jika terasa nyeri, maka terhitung sebagai DARAH HAIDH.
Flek yang keluar di luar masa kebiasaan haidh, maka dianggap BUKAN DARAH HAIDH.
Flek yang keluar setelah darah haidh dan masih bersambung, maka dianggap DARAH HAIDH.
Flek yang keluar setelah suci (setelah darah haidh berhenti total), namun setelah beberapa hari keluar flek lagi, maka dianggap BUKAN DARAH HAIDH.

Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa, jika flek tersebut termasuk dalam kategori Darah Haidh, maka hukum puasanya batal dan harus mengqadha puasa. Dan sebaliknya, jika flek tersebut masuk dalam kategori Bukan Darah Haidh maka wajib melanjutkan puasanya.

Semoga artikel ini bermanfaat. (Marthina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *