Tips Alami Mengatasi Rambut Kering dan Kasar

0 7

Inilah tips alami mengatasi rambut kering dan kasar. Simak selengkapnya…

Sahabat Ummi, berhijab bukanlah halangan bagi kita untuk merawat rambut agar senantiasa sehat dan terawat, terutama untuk rambut yang kerap mengalami masalah seperti kering, kasar, dan sulit diatur.  Masalah rambut seperti ini kadang cukup menganggu kenyamanan penampilan kita, terutama pada acar-acara penting di mana kita harus tampil penuh percaya diri.  Tapi kenyataannya kepercayaan diri kita sedikit berkurang karena dibalik hijab kita, rambut terasa kering dan kasar bahkan sulit diatur. 

Jika mengalami kejadian seperti ini, kita bisa mencoba tips berikut yang berguna untuk melembutkan dan merawat rambut dengan bahan-bahan alami yang dijamin aman dan bebas efek samping.

1.Oleskan Alpukat dan Minyak Zaitun

Alpukat dan minyak zaitun mampu melembutkan kembali rambut yang kering dan kasar. Caranya, hancurkan alpukat secukupnya kemudian tambahkan minyak zaitun, campur hingga merata dan terbentuk pasta.  Aplikasikan pasta tersebut pada rambut dan biarkan sekitar 30 menit, kemudian keramas rambut seperti biasa. Bilas rambut dengan air dingin agar rambut terasa lebih halus dan lembut.

2.Bilas Rambut dengan Air Bersoda

Air bersoda memang tidak sehat jika dikonsumsi, apalagi dalam jumlah yang berlebihan. Namun ternyata air bersoda bisa dimanfaatkan untuk melembutkan rambut.  Caranya, setelah keramas, bilaslah rambut dengan air bersoda yang mengandung pH rendah.  Pemilihan air bersoda dengan pH rendah bukan tanpa alasan, air bersoda ini sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan rambut yang kering dan kasar.

3.Oleskan dengan Cuka Apel

Cuka apel yang mengandung asan tinggi sangat baik untuk membantu mengatasi permasalahan rambut yang kering dan kasar, sekaligus menyehatkan dan membuat rambut tampak lebih bercahaya.  Caranya, oleskan cuka apel setelah keramas, lalu biarkan selama 30 detik, kemudian bilas dengan air dingin.

4.Pijat Rambut dengan Minyak Hangat

Minyak kelapa atau minyak zaitun yang dihangatkan sangat berguna untuk melembabkan rambut kering.  Caranya, pijat kulit kepala dengan minyak kelapa atau minyak zaitun yang sudah dihangatkan.  Lalu biarkan selama 30 menit, setelah itu keramas seperti biasa dan bilas dengan air dingin.

5.Usahakan untuk tidak menggunakan Hair Dryer

Jika mungkin, usahakan untuk tidak menggunakan Hair Dryer untuk mengeringkan atau menata rambut, karena akan menyebabkan rambut menjadi kering.  Untuk itu, sebaiknya keringkan rambut secara alami hanya dengan mengangin-anginkannya.

Meskipun tertutup hijab, memiliki rambut yang sehat dan terawat juga sangat penting, karena bagaimana bisa tampil dengan nyaman dan percaya diri, bila ada bagian penting dalam tubuh kita tidak sehat atau sedang mengalami masalah yang serius.  Namun, sebaiknya pastikan untuk selalu menggunakan bahan-bahan alami yang berada di sekeliling kita, karena bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping atau lebih aman.  Selain itu, menggunakan bahan alami tentunya akan lebih menghemat pengeluaran kita lho! Selamat mengaplikasikan tipsnya.

Referensi tulisan:

-500 Rahasia Cantik Alami, Emma Madjid, Grasindo, 2014.

Profil Penulis:

Bernama pena Mutia Erlisa Karamoy, ibu dari 3 putra-putri dan saat ini berdomisili di Tangerang.  Selain menjalani aktivitas sebagai ibu rumah tangga, juga menekuni dunia menulis dengan menjadi penulis lepas di beberapa website dan menyukai dunia blogging.  Blog pribadi dapat diakses melalui www.elisakaramoy.com dan dapat dihubungi melalui email: [email protected] serta twitter: @mutia_karamoy.

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.