Inilah Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas

0 307

Sahabat Ummi, bibir kering memang seringkali menjadi masalah yang sering kali kita alami. Jika terus dibiarkan akan mengakibatkan mengelupasnya bibir dan menimbulkan rasa perih dan tidak nyaman. Bibir kering yang mengakibatkan mengelupasnya kulit bibir sebenarnya dapat dicegah jika mengetahui penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab bibir kering dan mengelupas yang harus diketahui :

1. Pengaruh obat

Pengaruh obat-obatan menjadi salah satu penyebab bibir kering dan mengelupas. Jika Sahabat Ummi termasuk orang yang suka minum obat saat sakit, maka jangan heran jika memiliki bibir kering dan pecah / mengelupas. Karena penggunaan obat yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan gangguan metabolism termasuk pada bibir.

2. Pengaruh hormonal

Pengaruh hormonal juga merupakan salah satu penyebab bibir kering/mengelupas misalnya, ketika kondisi tubuh demam maka bibir akan terlihat kering dan kusam. Pengaruh hormon juga terjadi saat wanita mengalami siklus menstruasi serta masa kehamilan yang dapat menyebabkan bibir kering dan mengelupas. Faktor stres dan tekanan jiwa juga menjadi salah satu penyebab tidak langsung bibir kering/mengelupas.

Inilah Penyebab Bibir Kering dan Mengelupas

 

3. Penggunaan lipstik berlebihan

Pemakaian lipstik yang kurang tepat dan berlebihan akan mengganggu kesehatan kulit bibir sehingga menimbulkan munculnya kekeringan pada bibir.

4. Kebiasaan buruk

Kebiasaan buruk secara tidak sadar menjadi penyebab bibir kering dan mengelupas. Seperti kecanduan rokok, kopi, bahkan alkohol menjadi pemicu terganggunya pori-pori pada kulit bibir sehingga membuat bibir kering. Menjilati bibir dengan lidah juga merupakan kebiasaan buruk yang perlu dikurangi, karena air liur mengandung enzim pemecah makanan yang bersifat asam, sehingga dapat mengiritasi kulit bibir dan menyebabkan bibir kering jika sering dijilati.

5. Penggunaan pasta gigi yang tidak pas

Banyak yang tidak menyadari bahwa pasta gigi merupakan salah satu penyebab munculnya bibir kering. Segera hentikan penggunaan pasta gigi jika mengalami gangguan bibir dan segera ganti pasta gigi dengan merek yang lain.

6. Dehidrasi atau kekurangan cairan, juga merupakan salah satu penyebab bibir kering dan mengelupas. Solusinya adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Jika penyebabnya masih juga belum teratasi maka perisakan segera ke dokter untuk mengetahui apakah ada infeksi, kelainan autoimun atau lainnya. Semoga bermanfaat. (Letha)

loading...

Leave A Reply

Your email address will not be published.